Home » , » Penggunaan Anggaran ADD dan DD Desa Kaliloka Mengedepankan Swakelola Masyarakat

Penggunaan Anggaran ADD dan DD Desa Kaliloka Mengedepankan Swakelola Masyarakat

Written By suara rakyat on Friday, July 27, 2018 | 3:51 PM

Sirampog,(suararakyattegal.com),- Manakala infrastruktur pembangunan yang ada di desa digarap dengan melibatkan masyarakat secara swakelola akan dijamin kwantitas maupun kwalitasnya dibandingkan di laksanakan rekanan maupun pemborong, hal ini disampaikan oleh Kepala desa (Kades) Kaliloka kecamatan Sirampog kabupaten Brebes Nanang Hakim SH saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (25/7) kemarin.
Dikatakan Nanang, Pemerintah Desa (Pemdes) Kaliloka mendapat kucuran bantuan setiap tahun anggaran Dana Desa (DD) maupun ADD  yang nilainya hampir Rp 1 Milyar lebih untuk pembangunan dan menyejahterakan masyarakat. Pihaknya selaku pengguna anggaran telah mempraktekan kegiatan pembangunan insfrastruktur desa dengan melibatkan masyarakat, sehingga secara trasparan hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat itu sendiri. Dan dalam bantuan berikutnya bisa dimanfaatkan pembangunan lain yang dibutuhkan masyarakat, sehingga nantinya desa bisa maju dan masyarakatnya sejahtera dan makmur, katanya.
Lebih lanjut Nanang mengatakan, dalam melakukan kegiatan pembangunan dengan menggunakan anggaran ADD dan DD selama ini selalu melibatkan masyarakatnya, namun pihaknya masih mendatangkan tenaga ahli teknik bangunan dari luar desa. Pihaknya saat ini akan fokus siap memperdayakan masyarakat agar bisa sebagai ahli pembangunan dengan mengadakan pendidikan dan pelatihan.
Adapun peserta pendidikan tersebut pihaknya merekrut anggota LPM, masyarakat juga perangkat desa, dan diharapkan mereka bisa diandalkan sebagai tenaga ahli bangunan, bisa membuat kontruksi pembangunan maupun membuat rencana anggaran material yang dibutuhkan dalam menggarap sebuah proyek di desanya.
"Saat ini saya telah mendapatkan mitra kerja untuk melatih masyarakat", ujar Nanang yang juga mantan anggota F PAN DPRD Brebes. imam(r)
Share this article :