Petani Jagung desa Kebandungan Kecamatan Bantarkawung Alami Kerugian - suara rakyat
Home » , , » Petani Jagung desa Kebandungan Kecamatan Bantarkawung Alami Kerugian

Petani Jagung desa Kebandungan Kecamatan Bantarkawung Alami Kerugian

Written By suara rakyat on Tuesday, July 24, 2018 | 11:52 PM

Bantarkawung,(suararakyattegal.com),- Petani jagung di desa Kebandungan kecamatan Bantarkawung kabupaten Brebes alami kerugian, pasalnya harga hasil panennya tahun ini merosot dratis.
Menurut Akhmad (34) salah seorang petani warga RT 05/01 desa Kebandungan menjelaskan, dirinya mengalami kerugian modal proses tanam, pupuk dan obat obatan, ditambah memetik panen tidak bisa diharapkan bahkan kembali modal saja kurang, jelasnya Selasa (24/7) kemarin.
Lanjut Akhmad, sebenarnya hasil panen jagung tahun ini sangat membaik tanpa adanya serangan hama, namun harga jual hasil panen saat ini hanya Rp 3200/Kg, sedangkan harga jual sebelumnya mencapai Rp 4000/Kg. Dan modal untuk lahan 1 hektar mencapai Rp 5-6 Juta, dan hasil normal panennya sekitar 4 - 5 Ton, ujarnya.
Sementara kepala desa (Kades) Kebandungan, Wirsad mengakui kondisi petani di wilayahnya selama ini sebagian masyarakatnya mengandalkan hasil panen. Selain petani padi, masyarakatnya juga bercocok tanam jagung yang saat ini sedang mereka panen. Pihaknya berharap untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani, maka harus adanya bantuan pupuk dari Pemerintah untuk mengolah lahannya.
Lanjut Wirsad, dalam hal ini pihaknya sudah lama mengusulkan bantuan pupuk ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan melalui PT Pusri, namun hingga sekarang belum terealisasi, ujarnya saat ditemui usai acara monitoring evaluasi pembinaan (Monep) di Aula kantor desa setempat. imam(r)
Share this article :