Plt Bupati Tegal Lepas 1.156 Calon Jema'ah Haji Tahun 2018 - suara rakyat
Home » , » Plt Bupati Tegal Lepas 1.156 Calon Jema'ah Haji Tahun 2018

Plt Bupati Tegal Lepas 1.156 Calon Jema'ah Haji Tahun 2018

Written By suara rakyat on Monday, July 9, 2018 | 4:53 PM

Slawi,(suararakyattegal.com),- Plt Bupati Tegal Umi Azizah melepas 1.156 calon jama’ah haji Tahun 1439 H/ 2018 M, di Pendopo Amangkurat, Senin (9/7).
Dari total keseluruhan, untuk jama’ah dengan usia termuda adalah atas nama Qotrun Nada Azzakia binti Agus Salim (Alm) dengan usia 18 tahun yang berasal dari Desa Kambangan Kecamatan Lebaksiu. Sedangkan untuk usia tertua atas nama Tarunah Sajar Saman binti Sajar yang sudah berusia 87 tahun dari Desa Bumijawa Kecamatan Bumijawa.
Dalam laporannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tegal, Sukarno mengatakan, bahwa calon jama’ah haji yang berasal dari Kabupaten Tegal terbagi dalam 4 kloter dengan embarkasi Solo.
Sukarno menjelaskan, bahwa kloter 1 dan 2 akan di berangkatkan pada tanggal 15 Juli 2018 sedangkan kloter 3 dan 4 rencananya akan diberangkatkan pada tanggal 16 Juli 2018 yang bertempat di halaman Pemerintah Kabupaten Tegal.
Sementara itu, dalam sambutannya Umi menyampaikan, bahwa ibadah haji merupakan ibadah fisik dan juga mental. Artinya diperlukan ketangguhan fisik yang prima terutama saat prosesi thawaf, sa’i dan melontar jumrah nanti.
“Untuk itu bapak ibu perlu antisipasi mengingat kita yang tinggal di negara tropis belum terbiasa dengan iklim disana,” terang Umi.
Umi juga berpesan kepada seluruh calon jama’ah haji agar ikhlas, sabar dan tolong menolong. “Jangan memikirkan kepentingan dunia,” pesannya.
Selain itu, Umi juga menghimbau untuk bereskan hutang piutang yang dapat mengganggu ketenangan dalam menunaikan ibadah haji.
“Sebelum berangkat, sebaiknya segala sesuatu yang berkaitan dengan hutang piutang harus dilimpahkan atau setidaknya disampaikan kepada keluarga yang ditinggalkan agar mereka mengetahuinya, sehingga jika terjadi apa-apa terhadap diri bapak ibu sekalian, keluarga yang ditinggalkan dapat menyelesaikannya,” paparnya.
Pada akhir acara Plt Bupati Tegal menyerahkan bendera merah putih kepada kepala rombongan dari Kabupaten Tegal sebagai simbol pelepasan calon jama’ah haji untuk menunaikan ibadah haji tahun 1439 H/ 2018 M di Baitullah. san/tio(r)
Share this article :