Bantuan Ternak Ayam Dari Pemerintah Disoal Kades - suara rakyat
Home » , » Bantuan Ternak Ayam Dari Pemerintah Disoal Kades

Bantuan Ternak Ayam Dari Pemerintah Disoal Kades

Written By suara rakyat on Thursday, August 30, 2018 | 11:08 PM

Bumiayu, (suararakyattegal.com), - Program pemerintah bantuan ternak ayam yang diberikan ke rumahtangga tidak mampu (RTM) sejumlah 50 ekor per RTM, di empat kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes, disoal oleh beberapa kepala desa.
Seperti halnya, Kades Pamijen, Kecamatan Bumiayu M Subhan Maulidi mengatakan, program tesebut dinilai tidak dapat menjamin untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bahkan kurang efektif.
Dia menjelaskan, program tersebut bertujuan untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat ekonomi lemah memang baik, namun berdampak negatif.
"Masalahnya bisa menimbulkan kecemburuan sosial antar RTM, walaupun data sudah melalui cross cek terlebih dahulu. Selain itu, berdampak pada kesehatan lingkungan dan pastinya kumuh," jelasnya.
Hal senada dikatakan Kades Bumiayu, Hari Dwi Basuki, wilayah Desa Bumiayu yang padat dengan bangunan rumah, sehingga warganya sudah tidak lagi memiliki  lahan kosong untuk menempatkan hewan ayam tersebut.
Menurutnya, sudah banyak contoh dalam program pemerintah mengenai bantuan-bantuan ternak banyak yang gagal di pertengahan jalan, dan hasilnya pun kurang mengena kepada masyarakat ekonomi lemah.
"Ironisnya bantuan tersebut hingga sekarang belum direalisasikan, karena RTM  harus menyiapkan terlebih dulu kandangnya, sehingga harus adanya dana talangan," ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya belum lama ini. tri/mam(r)
Share this article :