Pokdarwis Kampung Purba Desa Galuh Timur Dikukuhkan - suara rakyat
Home » , » Pokdarwis Kampung Purba Desa Galuh Timur Dikukuhkan

Pokdarwis Kampung Purba Desa Galuh Timur Dikukuhkan

Written By suara rakyat on Tuesday, August 28, 2018 | 11:30 PM

Tonjong, (suararakyattegal.com), - Jalan sehat "Jelajah Situs Purbakala" yang ada di Galuh Timur, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes yang diselenggarakan Pemkab Brebes melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (DINBUDPAR) Kabupaten Brebes, Selasa (28/8).

Acara jalan sehat diikuti pelajar, instansi dan masyarakat umum. Acara tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Brebes, Narjo SH, Kadinbudpar, Ir Amin Budiraharjo SIP, Camat Tonjong, Sumarno dan tokoh masyarakat setempat.

Ketua Panitia, Edy Sumartono mengatakan, acara tersebut bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan situs-situs purbakala yang banyak ditemukan, seperti Gajah Purba yang belum lama ini berhasil ditemukan.

Edy melanjutkan, acara jalan sehat yang sekaligus juga Pengukuhan dan Penetapan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Kampung Purba Dukuh Tengah, Desa Galuh Timur, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes.
"Pokdarwis ini dibentuk untuk lebih menggali potensi-potensi alam yang kemungkinan masih bisa di exlpor lagi. Ini bisa menambah koleksi benda-benda purba yang sekarang dikelola oleh Musium Purbakala Buton Bumiayu," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Ir Amin Budiraharjo SIP, mengatakan, penetapan dan pengukuhan Pokdarwis Desa Galuh Timur sesuai surat keputusan (SK) DINBUDPAR Kabupaten Brebes NO.556.0591.TH 2018.
"Untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengembangaan pariwisata perlu pembentukan kelompok masyarakat sadar wisata (POKDARWIS)," paparnya.

Amin menambahkan, untuk menjadikan Galuh Timur menjadi kampung wisata yang maju perlu di tingkatkan sumber daya manusia (SDM) yang ada agar bisa lebih memahami arti SAPTA PESONA, agar bisa menjadi kampung wisata yang maju.
"Untuk sisi jenis koleksi fosil purba di sini lebih banyak dibanding yang ada di Sangiran. Kita juga memiliki wisata susur sungai purba, yakni Sungai Cisaat, dimana hasil penemuan fosil-fosil berasal dari sungai ini," pungkasnya. tri/mam(r)
Share this article :