BRI Cabang Bumiayu Berupaya Beri Pelayanan Hingga Pelosok Desa - suara rakyat
Home » , , » BRI Cabang Bumiayu Berupaya Beri Pelayanan Hingga Pelosok Desa

BRI Cabang Bumiayu Berupaya Beri Pelayanan Hingga Pelosok Desa

Written By suara rakyat on Tuesday, September 4, 2018 | 8:55 PM

Bumiayu, (suararakyattegal.com), - Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Bumiayu memiliki 12 kantor unit yang tersebar di wilayah Kabupaten Brebes bagian selatan, berupaya memberikan pelayanan Perbankan sampai ke pelosok desa dan setiap Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang akan dijadikan agen BRI Link.
Hal ini disampaikan Pimpinan Cabang BRI Bumiayy, Budi Setia Nusa, saat acara kegiatan Gathering BUMDes Kecamatan Bumiayu dan Kecamatan Bantarkawung di aula kantor setempat, Selasa (4/9).
Pimpinan Cabang BRI Bumiayu, Budi Seti Nusa mengatakan, kegiatan ini agar pelayanan perbankan bisa mencapai ke pelosok desa dan BRI kantor Cabang bersama 12 kantor Unit yang tersebar di 6 wilayah Kecamatan Bumiayu, Paguyangan, Tonjong, Sirampog, Bantarkawung dan Salem.
"Kami segera menyiapkan pembentukan agen BRILink bersama pengelola BUMDes, sehingga bisa melayani berbagai transaksi, seperti pembayaran tagihan listrik, cicilan multifinance, setoran tunai, tarikan tunai dan transfer sesama BRI maupun antar Bank. Nantinya akan memperoleh fee/pembayaran setiap transaksi yang ada", ujar Budi Setia Nusa.
Sementara Perwakilan dari Dinpermades Kabupaten Brebes, Hermawan mengungkapkan, semua harus sadar bahwa masyarakat juga mempunyai peranan penting dalam pembangunan bangsa, termasuk para pengelola BUMDes di desa - desa.
"Sesuai dengan Program Nawacita dari Presiden RI Jokowi dalam membangun Indonesia dari kawasan pinggiran," ungkapnya.
Menurut Hermawan, bentuk dan wujud dari pembangunan dari kawasan pinggiran diantaranya, berupa Dana Desa (DD) yang diperuntukkan bagi pembangunan di desa, termasuk adanya BUMDes untuk mengelola aset, jasa pelayanan dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa.
Hermawan menjelaskan, di Kabupaten Brebes ada 120 BUMDes yang tersebar di 17 kecamatan dengan berbagai kondisi, ada yang sudah berjalan dengan baik dan ada pula yang masih belum berjalan. Oleh karena itu, pihaknya berpesan kepada para Kepala Desa untuk membina dan memberdayakan BUMDes ini, karena ada 3 persen dari DD yang dialokasikan untuk kegiatan BUMDes.
"Berbagai bentuk jenis usaha BUMDes di antaranya : Wisata Desa, Pasar Desa, Pengelolaan Sampah, Perdagangan, Jasa, Air Minum, Simpan Pinjam, Pertanian, Kerajinan, Persewaan dan berbagai bentuk usaha lainnya yang pada intinya bisa meningkat kesejahteraan masyarakat desa," pungkasnya.mam(r)
Share this article :