Camat Bantarkawung Ajak Masyarakat Taat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) - suara rakyat
Home » , » Camat Bantarkawung Ajak Masyarakat Taat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

Camat Bantarkawung Ajak Masyarakat Taat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

Written By suara rakyat on Monday, September 17, 2018 | 11:30 PM

Bantarkawung,(suararakyattegal.com),- Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) merupakan salah satu pendapatan asli daerah (PAD) yang dikembalikan lagi ke masyarakat melalui Pemerintah desa (Pemdes) untuk membiayai pembangunan sarana infrastruktur. Kalau dilihat PBB itu nilainya tidak seberapa besar dibandingkan dengan kucuran dana bantuan dari Pemerintah daerah maupun Pusat, hal ini disampaikan Camat Bantarkawung kabupaten Brebes Sumarno SPd, pada sambutan pembukaan musyawarah desa (Musdes) Penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) Banjarsari di Aula kator desa setempat Senin (17/9).

Sumarno meminta kepada masyarakat untuk memahami kewajiban sebagai wajib pajak, agar percepatan pembangunan di desanya bisa maju dan lacar. Kepada perangkat desa maupun petugas pengutip pajak bisa melaksanakan kinerjanya dengan aktif, dan hasil penarikan pajak dari masyarakat untuk segera disetorkan ke kas daerah. Pasalnya, manakala hasil pungutan pajak disetor melampaui batas yang ditentukan maka pihak Pemdes dikenai denda.

Sementara Pj Kepala desa (Kades) Banjarsari Jaharuddin menjelaskan, keterlambatan pelunasan PBB dari baku pajak tahun 2018 sebesar Rp 80 Juta, baru mencapai 50 persen yang langsung disetorkan ke kas daerah. Pihaknya tetap berupaya dan mengerahkan petugas untuk menarik kekurangannya ke masyarakat, sekaligus memberikan pemahaman secara baik tentang PBB, jelas Jaharudin yang merangkap sekretaris desa.
Lebih lanjut Jaharuddin menjelaskan, desa Banjarsari tahun 2018 mendapat bantuan anggaran DD dan ADD hampir sebesar 1,5 Milyar, dan bantuan dari pemerintah Provinsi sebesar 445 Juta, pungkasnya. imam(r)
Share this article :