Desa Linggapura Gunakan Penyerapan Dana Desa (DD) Secara Merata - suara rakyat
Home » , » Desa Linggapura Gunakan Penyerapan Dana Desa (DD) Secara Merata

Desa Linggapura Gunakan Penyerapan Dana Desa (DD) Secara Merata

Written By suara rakyat on Monday, September 24, 2018 | 11:18 PM

Tonjong,(suararakyattegal.com),- Pemerintah desa (Pemdes) Linggapura kecamatan Tonjong kabupaten Brebes dalam melaksanakan program pembangunan dana desa (DD) 2018 penyerapannya secara merata di 14 wilayah pedukuhan, hal ini diungkapkan Zaenal Asikin, Kepala desa setempat, Senin (24/9).
Zaenal menjelaskan, anggaran DD 2018 rencana penyerapan anggaran sebesar Rp 1 Milyard lebih, dan dilakukan untuk pembangunan di 14 wilayah pedukuhan diantaranya pembangunan talud, drainase, jalan desa, serta jalan lingkungan. Dalam pengerjaannya telah dilakukan monitoring dan evaluasi oleh tim kecamatan baru mencapai 30 persen dan akan dilanjutkan pada anggaran DD  2018 tahap kedua cair. Selain itu juga program pemberdayaan masyarakat seperti penyertaan modal awal Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebesar Rp 300 Juta.
Lanjut Zaenal, pembangunan secara merata tersebut merupakan hasil musyawarah dan mufakat dalam musyarah desa (Musdes), usulan rencana kerja pembangunan desa (RKPDes) tahun 2017 yang lalu dengan alasan untuk mengantisipasi kecemburuan sosial di masyarakat, sehingga setiap bantuan anggaran DD dilaksanakan secara merata. Dan bantuan DD yang diterima pada tahun 2018 ini adalah  sebesar Rp 1,2 Milyar lebih.

"Manakala bantuan DD tahun ini tidak mencukupi maka tetap akan saya usulkan kembali pada anggaran DD tahun berikutnya", tandas Zaenal. imam(r)
Share this article :