Akibat Pengikisan Tanah, Rumah Warga Desa Kalierang Brebes Terancam Longsor - suara rakyat
Home » , , » Akibat Pengikisan Tanah, Rumah Warga Desa Kalierang Brebes Terancam Longsor

Akibat Pengikisan Tanah, Rumah Warga Desa Kalierang Brebes Terancam Longsor

Written By suararakyat on Friday, October 19, 2018 | 4:38 PM

Bumiayu,(suararakyattegal.com),- Warga desa Kalierang kecamatan Bumiayu kabupaten Brebes mendesak Pemerintah untuk segera memperbaiki jembatan Pendawa yang melintas diatas sungai Kalierang. Hal itu dilakukan lantaran melihat penahan badan jalan yang longsor mengancam beberapa rumah warga dan badan jalan desa, hal ini disampaikan salah seorang warga setempat Syamsuri, Kamis (18/10) kemarin.

Syamsuri warga yang tinggal berdekatan dengan lokasi jembatan merasa khawatir manakala tidak segera mendapat penangan kondisi  tersebut akan lebih parah disaat musim penghujan tiba.

Hal senada juga disampaikan rasa keprihatinan Imam Santoso warga desa Kalierang kecamatan Bumiayu, ikut mendesak agar ada penanganan jembatan maupun tebing penahan jalan diatas permukaan sungai tersebut.

Menurutnya, karena masalah ini penanganannya kewenangan PSDA Propinsi, maka paling tidak Pemda bisa proaktif segera mengusulkan untuk mempercepat penanganan

Lanjut Imam, untuk penanganan tersebut telah dianggarkan sebesar Rp 1,5 Milyar dari APBD perubahan 2018 dan tinggal dilakukan proses pelelangan saja, namun hingga sekarang belum ada kepastian kapan penanganan tersebut, heran dia yang juga mantan anggota FDIP DPRD Brebes.

Sementara Kades Kalierang Edi Amar khumaedi yang akkrab dengan sapaan Edi Abas membenarkan, kondisi sampai saat ini memang sangat memprihatinkan, apalagi sudah menghabiskan badan jalan desa dan juga hampir mengancam rumah warga akibat longsoran tepi sungai, yang merupakan jembatan penghubung transportasi warga pedukuhan dan juga sebagai jalur alternatif manakala jalan raya dalam kota mengalami kemacetan panjang.

Dijelaskan Edi, kejadian longsoran dan ambrolnya jembatan itu sejak bulan April lalu, dengan harapan agar segera mendapat perbaikan jembatan sekaligus dilakukan normalisasi sedimen sungai jembatan tersebut, agar tidak terjadi kebanjiran, mengingat sebentar lagi masuk musim penghujan, ujarnya. imam(r)
Share this article :