BPBD Kabupaten Brebes Beri Pelatihan Tanggap Bencana - suara rakyat
Home » , » BPBD Kabupaten Brebes Beri Pelatihan Tanggap Bencana

BPBD Kabupaten Brebes Beri Pelatihan Tanggap Bencana

Written By suara rakyat on Thursday, October 4, 2018 | 5:26 PM

Bumiayu,(suararakyattegal.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Brebes adakan Pelatihan dan memberi pembekalan kepada relawan yang ada di wilayah enam kecamatan Brebes bagian selatan, Rabu (3/10) kemarin.
Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Brebes Muslimin SIp menjelaskan, pelatihan ini terkait banyaknya terjadi bencana alam di beberapa daerah yang telah menelan banyak korban jiwa dan harta, termasuk dikabupaten Brebes daerah yang rawan bencana, terangnya.
Lanjut Muslimin, pelatihan tersebut dengan maksud untuk meningkatkan sumber daya manusia dalam kesiapan menangani penilaian dan kerusakaan pasca bencana. Selain relawan juga para satpol PP, petugas Damkar juga mendapat pelatihan yang sama selama dua hari, di Hotel  Anggraini Bumiayu, tandasnya.
Tambahnya, pelatihan secara teori dan praktek ini bertujuan, agar masyarakat yang ada di wilayah Brebes selatan (Bumiayu, Tonjong, Sirmpog, Paguyangan, Bantarkawung dan Salem) wilayah tersebut memiliki potensi tanah bergerak yang cukup tinggi dan mempunyai dampak bencana tanah longsor. Diharapkan masyarakatnya bisa tangguh dalam menghadapi bencana tersebut, tetapi semoga Semua itu tidak terjadi di Brebes ini, harap dia.
Pelatihan ini juga untuk memberi kan pendalaman materi kepada para sukarelawan agar bisa menghitung secara cepat bentuk kerusakan dan kerugian yang di timbulkan pasca bencana, seperti sarpras, fasilitas umum dan perumahan warga, agar bisa cepat di tangani oleh Pemerintah maupun dinas terkait, dan masyarakat bisa tetap beraktifitas kembali, imbuh nya.
Dikatakan muslimin, tanggap bencana yang hanya mempunyai waktu cukup singkat, hanya empat belas hari dari bencana terjadi maka para relawan untuk bisa tanggap dan cepat dalam menghitung kerugian yang timbul dari bencana tersebut.
"Langkah pelaporan kerugian itu sendiri dilakukan oleh pihak Pemerintah desa (Pemdes) untuk segera melaporkan ke pihak Pemerintah kecamatan dan di lanjutkan ke Pemerintah kabupaten, untuk di tindaklanjuti dan segera mendapatkan bantuan dari Pemerintah,"tandas nya. mam/tri(r)
Share this article :