35 Kader Kesehatan FKD Desa Kretek Paguyangan Siap Bantu Masyarakat - suara rakyat
Home » , » 35 Kader Kesehatan FKD Desa Kretek Paguyangan Siap Bantu Masyarakat

35 Kader Kesehatan FKD Desa Kretek Paguyangan Siap Bantu Masyarakat

Written By suararakyat on Thursday, November 29, 2018 | 2:18 PM

Paguyangan,(suararakyattegal.com),- Sekitar 35 kader kesehatan yang dihimpun Forum Kesehatan Desa (FKD) yang ada di desa Kretek kecamatan Paguyangan kabupaten Brebes siap berupaya menyehatkan masyarakat.
Kader kesehatan yang handal ini, diminta dapat membantu program yang sedang dilaksanakan Pemdes, dalam melaksanakan usaha Kesehatan Berbasis Masyarakat (KBM), hal ini disampaikan ketua FKD Edi Setiabudi SH usai acara refreshing FKD tentang Survey Mawas Diri (SMD) di Aula kantor desa setempat Rabu (28/11) kemarin.
Edi mengungkapkan, FKD dalam menggelar  acara refreshing FKD dengan pertemuan kader kesehatan sebanyak 4 kali dalam satu tahun yang bertujuan untuk mengevaluasi perkembangan kondisi kesehatan masyarakat, serta memberikan penyuluhan kepada kader tentang kesehatan berbasis masyarakat (KBM).
Lanjut Edi, desa Kretek telah dijadikan desa siaga dan mandiri, sehingga pihak Pemdes saat ini sedang memfokuskan program kesehatan diantaranya, jambanisasi, bedah runah dan penanganan masalah sampah/limbah. Semua itu yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat dan lingkungan untuk mewujudkan desa yang sehat, dan sejahtera, ujarnya.
"Dalam mewujudkan program kesehatan tersebut yang jelas tidak lepas menggunakan anggaran dari Dana Desa (DD) sebesar 4 persennya, dan bermitra dengan Puskesmas setempat", ujar Edi.
Sementara dr Lukman dari pihak Puskesmas Paguyangan mengakui, pihaknya menilai kondisi kesehatan masyarakat desa Kretek masuk peringkat yang cukup baik se kecamatan Paguyangan, hal karena kinerja FKD berupaya fokus melaksanakan program kesehatan yang berbasis masyarakat.
"Saya berharap FKD dapat mensukseskan peogram kesehatan di wilayah kecamatan Paguyangan dalam melaksanakan program KBM, ungkap Lukman saat memberikan penyuluhan kepada kader kesehatan desa Kretek. imam(r)
Share this article :