Lestarikan Budaya, 32 Dalang Se-Kabupaten Brebes Adakan Latihan Bersama - suara rakyat
Home » , , » Lestarikan Budaya, 32 Dalang Se-Kabupaten Brebes Adakan Latihan Bersama

Lestarikan Budaya, 32 Dalang Se-Kabupaten Brebes Adakan Latihan Bersama

Written By suararakyat on Thursday, November 1, 2018 | 7:41 PM

Paguyangan,(suararakyattegal.com),- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (DINBUDPAR) Kabupaten Brebes adakan latihan bersama dengan kelompok paguyuban kesenian wayang kulit Bina Budaya Brebes Selatan, Kamis (1/11).
Latihan bersama bertempat di Aula desa Pakujati kecamatan Paguyangan.

Menurut Kepala Bidang Kesenian dan Kebudayaan melalui Kasie kesenian Akmad Fadilah mengatakam, tujuan diadakan latihan bersama untuk menjaga kekompakan dan menjaga kwalitas dari semua personil kesenian yang rencananya akan tampil di Radio Rebuplik Idonesia (RRI) Purwokerto Kabupaten Banyumas secara Langsung, terangnya, Sabtu (3/11) malam.

Lanjut Fadilah, kelompok kesenian wayang kulit Bina Budaya yang di bawah binaan Dinbudpar kabupaten Brebes, di tunjuk langsung untuk mewakili kabupaten Brebes dalam pentas seni yang akan di laksanakan di RRI Purwokerto, ungkapnya.

Dalam pentas seni wayang kulit tersebut rencananya akan di bawakan oleh Ki dalang Ratim asal kecamatan Paguyangan, tambahnya pula.

Lebih lanjut Fadilah mengatakan, untuk melestarikkan kesenian tradisional khususnya wayang kulit, sudah ada wacana, bahwa kedepannya akan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayan, yang akan mengagendakan kesenian tersebut masuk ke Extra Kurikuler di setiap sekolah yang ada di kabupaten Brebes, tandasnya.

Dengan harapan akan muncul bibit bibit baru dalam kesenian tersebut kedepanya, agar terjaga dari kepunahan atau di tinggalkan penggemarnya, karena untuk saat ini tidak di pungkiri untuk generasi mudanya lebih menyukai hiburan yang modern, dan kurang menyukai kesenian tradisional tersebut. paparnya.

"Wayang kulit adalah suatu kebudayan warisan nenek moyang yang harus kita jaga kelestarian dan keberadaannya", ungkapnya.

Untuk saat ini di kabupaten Brebes ada sekitar 32 dalang, baik dalang dari wayang kulit maupun wayang golek, dibawah naungan Persatuan Perdalangan Indonesia (PERPADI) Kabupaten Brebes yang di ketuai Ki Dalang Wiji Wasito asal kecamatan Losari kabupaten Brebes, imbuhnya.

Ki Dalang Wiji Wasito selaku ketua PERPADI Kabupaten Brebes yang hadir dalam latihan tersebut Mengatakan, latihan yang di laksanakan hampir satu bulan dan yang di lakukan selama empat kali pertemuan bertujuan untuk melatih kekompakan baik antar dalang dan para pengiring musik agar lebih kompak dan berkwalitas, tandasnya.

Dengan harapan pada saat pentas nanti bisa menampilkan suatu suguhan yang lebih maximal dan bisa membawa nama harum kabupaten Brebes nantinya. triy(r)
Share this article :