Atasi Kemacetan, Underpas Kecamatan Tonjong Brebes Mulai di Ujicoba - suara rakyat
Home » , » Atasi Kemacetan, Underpas Kecamatan Tonjong Brebes Mulai di Ujicoba

Atasi Kemacetan, Underpas Kecamatan Tonjong Brebes Mulai di Ujicoba

Written By suararakyat on Wednesday, December 5, 2018 | 10:32 PM

Tonjong,(suararakyattegal.com),- Terwujudnya pembangunan underpass (UP) di sebidang rel kereta api (KA) dukuh Karangsawah desa Kutamendala kecamatan Tonjong kabupaten Brebes dapat dijadikan icon atau kebanggaan tersendiri bagi masyarakat, khususnya kecamatan Tonjong maupun kabupaten Brebes pada umumnya,  hal ini disampaikan Camat Tonjong Cecep Aji Suganda AP MSi pada acara sosialisasi dibukanya dan ujicoba UP di Karangsawah Selasa (4/12) kemarin.
Camat tonjong Cecep Aji Suganda AP MSi mengatakan, dengan adanya pembangunan UP Karangsawah yang telah selesai dibangun dan bisa di manfaatkan untuk kelancaran lalulintas juga kondisi bangunan tersebut dapat dijadikan kebanggaan masyarakat, pasalnya diatas UP terlihat kondisi KA berjalan menghiasi keindahan panorama alam dan jalur bawah dari mulut jalan dihiasi bangunan dinding indah bahkan, di dalam terowongan juga terpasangnya lampu lampu berwarna warna cantik sebagai penerangan. Sehingga Tonjong akan lebih dikenal dan dikenang bagi pengguna jalan dari luar daerah maupun provinsi yang pernah melintas dijalur UP Karangsawah, ujarnya.
Sementara Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KPUPR), Alik Mustakim mengungkapkan, pembangunan sarana tersebut merupakan penanganan masalah kemacetan disebidang rel KA yang didanai APBN sebesar 87 Miliyar dengan pengerjaan jalan sepanjang 850 Meter, juga membangun dua jalur jalan dibawah UP sepanjang 46 Meter dan tinggi 5,3 Meter kini telah selesai, dan sementara baru dilakukan ujicoba selama 7 hari kedepan. Setelah itu dilakukan kembali penutupan selama 3 hari untuk melakukan pembenahan agar kondisi UP Karangsawah selamanya bisa optimal dimanfaatkan secara aman dan nyaman oleh seluruh pengendara.
Lebihlanjut Alik menerangkan, selama masa uji coba tersebut akan dilihat beberapa aspek sebagai upaya pembenahan diantaranya, masalah marka jalan dan rambu rambu lalulintas dan prilaku pengguna jalan yang melintas dibawah rel KA. Dengan harapan UP bisa bermanfaat bagi pengguna jalan dan memperlancar arus lalulintas.
Sebelumnya dipaska hari libur dan hari besar seperti Natal, tahun baru dan arus mudik lebaran kerap terjadi kemacetan panjang disebabkan adanya lintasan rel KA -imam(r)
Share this article :