Forum Kesehatan Desa (FKD) Desa Kalijurang Rangkul Mitra Kerja di Bidang Kesehatan - suara rakyat
Home » , » Forum Kesehatan Desa (FKD) Desa Kalijurang Rangkul Mitra Kerja di Bidang Kesehatan

Forum Kesehatan Desa (FKD) Desa Kalijurang Rangkul Mitra Kerja di Bidang Kesehatan

Written By suararakyat on Saturday, December 22, 2018 | 12:00 PM

Tonjong,(suararakyattegal.com),- Pemerintah desa (Pemdes) Kalijurang kecamatan Tonjong kabupaten Brebes mengapresiasikan kegiatan festival kesahatan yang digelar Forum Kesehatan Desa (FKD), hal ini disampaikan Tarsun selaku kepala desa (Kades) saat sambutan penutupan festival kesehatan 2018 di halaman kantor desa setempat Sabtu (22/12).

Tarsun mengatakan, dibentuknya FKD di desanya sangat membantu dan mendukung program Pemerintah khususnya Pemdes Kalijurang di bidang kesehatan masyarakatnya. Dengan kegiatan agenda tahunan yang digelar FKD pihak Pemdes memprioritaskan penyerapan anggaran bantuan dari dana desa (DD) minimal untuk kegiatan FKD tersebut sebesar 4 persen.

Panitia kegiatan festival kesehatan 2018 FKD Kalijurang, Bidan Wasri menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan pelayanan terhadap masyarakat desa di bidang kesehatan yang meliputi pelayanan keluarga berencana (KB), pembuatan kartu BPJS, seminar kesehatan, donor darah, pelayanan pemeriksaan kesehatan secara gratis, diakhiri penutupan dengan kegiatan senam dan jalan sehat yang diikuti ratusan warga.

Pihaknya telah melakukan terobosan sebagai mitra kerja dalam setiap kegiatan dengan merangkul pihak ketiga, diantaranya dengan RSUD Bumiayu, RSU Alam Medika Bumiayu, Puskesmas Tonjong dan lainnya.

Sementara ketua  FKD Kalijurang Dwi May Ismawan S Kep ,
Mengungkapkan, pihaknya bersama jajaran pengurus FKD yang didukung masyarakat dan Pemdes setempat berupaya akan meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

Lebih lanjut, program tahun depan FKD akan membangun gedung sendiri sebagai tempat kegiatannya. Sehingga FKD Kalijurang merupakan kebanggaan masyarakatnya serta dapat sebagai percontohan FKD desa lain. imam(r)
Share this article :