Minim Anggaran, Perbaikan Groundsil Bendungan Notog Sungai Keruh Sementara di Tangguhkan - suara rakyat
Home » , » Minim Anggaran, Perbaikan Groundsil Bendungan Notog Sungai Keruh Sementara di Tangguhkan

Minim Anggaran, Perbaikan Groundsil Bendungan Notog Sungai Keruh Sementara di Tangguhkan

Written By suararakyat on Monday, December 10, 2018 | 11:54 PM

Bumiayu - Mengingat belum adanya anggaran yang dimiliki Pemda Brebes maka penanganan tuntutan warga desa Kalinusu kecamatan Bumiayu terkait pembangunan atau perbaikan Grounsil bendungan Notog sungai Keruh belum bisa digarap secepatnya, hal ini disampaikan Kepala kantor PSDA Pemali hulu Bumiayu H Moh Rozikin saat ditemui diruang kerjanya Senin (10/12).

Kepala kantor PSDA Pemali hulu Bumiayu H Moh Rozikin memahami akan kebutuhan warga desa Kalinusu terkait kerusakan berat grounsil sepanjang 80 Meter itu, namun belum adanya anggaran untuk memperbaiki maka diharap untuk bersabar dan pihaknya telah melakukan penanganan secara darurat agar kerusakan tersebut tidak terlalu parah dengan memberikan sarana terpal dan kantong plastik untuk mengalirkan air sungai kelokasi saluran irigasi.

Dikatakan Dinas Pengairan kabupaten Brebes juga telah meninjau kelokasi bahkan mengajukan perbaikan grounsil ke Propinsi Jawa Tengah (Jateng) karena perbaikan kerusakan tersebut memerlukan anggaran yang  sangat besar.

Menurutnya untuk memperbaiki grounsil harus dilakukan pembongkaran total masalahnya jika dilakukan tambal sulam kondisi grounsil tidak akan bertahan lama alias mubazir

Lebih lanjut Rozikin menjelaskan, manakala grounsil telah dibangun kembali diatas dan disisi tebing gronsil harus diberi bronjong untuk mengantisipasi adanya kegiatan galian C. Sebab salah satu penyebab ambrolnya jembatan maupun grounsil diantaranya kegiatan galian C, sehingga pihaknya menghimbau ke Pemdes untuk mensosialisasikan peraturan larangan kegiatan galian C diatas grounsil berjarak 500 Meter dan dibawah grounsil berjarak 1 Kilometer, agar tidak ada kegiatan penambangan batu dan pasir, jelasnya. imam(r)
Share this article :