BPN Kabupaten Brebes Serahkan 385 Sertifikat Tanah PTSL 2018 - suara rakyat
Home » , » BPN Kabupaten Brebes Serahkan 385 Sertifikat Tanah PTSL 2018

BPN Kabupaten Brebes Serahkan 385 Sertifikat Tanah PTSL 2018

Written By suararakyat on Thursday, January 10, 2019 | 11:03 AM

Paguyangan,(suararakyattegal.com),- Badan Pertanahan Nasional (BPN) kabupaten Brebes menyerahkan sejumlah 385 sertifikat tanah Program Pendataan Tanah Sistim Langsung (PTSL) kepada masyarakat desa Kretek kecamatan Paguyangan kabupaten Brebes di Aula kantor desa setempat, belum lama ini.

Kepala desa Ktetek Akhya mengatakan, dari jumlah 1350 pemohon sertifikat PTLS 2018 baru direalisasikan 385 sertifikat, untuk sisanya masih menunggu dalam bulan bulan ini, pihaknya menghimbau kepada masyarakat khususnya pemohon PTSL untuk bersabar karena semua pasti akan diproses. Dan bagi yang telah menerima pada tahap awal ini manakala ada kesalahan cetak data tentang nama pemilik, lokasi dan luas bidang pada sertifikat mohon segera melaporkan ke Pemdes, agar diajukan ke BPN Brebes untuk perbaikan.

Dikatakan Akhya, pihaknya bersama panitia melaksanakan program tersebut sesuai aturan yang ada berpedoman dengan SK 3 menteri yaitu hanya memungut biaya sebesar Rp 150 ribu/pemohon. Sehingga dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan sertifikat tanah sebagai kepemilikan yang sah atas tanah yang dimilikinya.

Menurutnya lanjut Akhya, sertifikat tanah ini sangat bermanfaat sebagai bukti yang sah kepemilikan tanahnya, sehingga dikemudian hari tidak terjadinya persengketaan tanah hak waris dengan keluarganya dan dapat sebagai jaminan modal dan sebagainya.

Lebih lanjut pihaknya mengapresiasikan kinerja BPN  Brebes yang telah memproses masyarakatnya dan merealisasikan pemohon PTSL 2018 secara baik dan lancar, seperti hal penyerahan tahap pertama sejumlah 365 pemohon tanpa ada yang komplain terkait kesalahan mencetak data pada sertifikat mereka.

Hal senada Saeful kasie bagian (Kabag) fasilitasi dan penetapan tanah pemerintah BPN menyampaikan, sebenarnya pihak BPN Brebes sudah mencetak keseluruhan pemohon PTSL 2018 se Kabupaten Brebes, namun penyerahannya secara bertahap mengingat waktu dan jumlah petugas agar bisa lancar, ungkapnya - imam(r)
Share this article :