BUMDes Minimarket di Desa Kaligiri Sirampog Brebes Jadi Percontohan - suara rakyat
Home » , , » BUMDes Minimarket di Desa Kaligiri Sirampog Brebes Jadi Percontohan

BUMDes Minimarket di Desa Kaligiri Sirampog Brebes Jadi Percontohan

Written By suararakyat on Tuesday, January 15, 2019 | 9:46 AM

Sirampog,(suararakyattegal.com),- Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mandiri Jaya Kaligiri kecamatan Sirampog kabupaten Brebes salah satu BUMDes di kabupaten Brebes bagian selatan yang menjadi percontohan dan sebagai lokasi studi banding bagi desa lain di kabupaten Brebes. Pasalnya BUMDes dengan jenis usaha jasa minimarket ini didirikan sejak tahun 2016 sampai sekarang dinilai dapat berkembang dengan pesat, sehingga BUMDes Kaligiri ini perlu untuk ditiru dan bisa diterapkan oleh BUMDes desa Cenang kecamatan Songgom, hal tersebut disampaikan Kepala desa Cenang Imam Rifai saat melakukan kunjungan studi banding di Minimarket BUMDes Kaligiri, belum lama ini.

Imam Rifai mengakui, pihaknya mengajak jajaran pengurus BUMDes untuk melakukan studi banding ke desa Kaligiri dengan harapan bisa menimba ilmu khususnya masalah cara managemen dalam pengelolaan usaha BUMDes yang telah berjalan dengan lancar untuk diterapkan didesanya, ungkapnya.

"Kami berencana membangun BUMDes yang baik demi kesejahteraan masyarakat kami. Untuk itu, kami perlu belajar kepada BUMDes yang telah berjalan seperti BUMDes Desa Kaligiri ini." tandas Imam.

Kades Kaligiri Rosidin mengakui, BUMDes di desanya telah dikunjungi oleh rombongan Pemdes dan pengurus BUMDes Cenang kecamatan Songgom, mereka datang untuk mengadakan studi banding terkait managemen pengelolaan BUMDes Kaligiri.

"Selamat datang di desa Kaligiri yang terletak di lereng gunung Slamet dengan kondisi suhu dingin ini, mudah-mudahan apa yang baik di Kaligiri bisa ditiru." Kata Rosidin.

Dijelaskan Rosidin, BUMDes desanya dengan nama BUMDes Mandiri Jaya itu berdiri pada tahun 2016 lalu. Awalnya setelah dibentuknya kepengurusan BUMDes dilanjut membangun gedung/tempat untuk kegiatan BUMDes yang berada disamping kantor desa setempat. Anggaran fisik pembangunan gedung BUMDes sebesar Rp 170 Juta, yaitu dengan menggunakan DD 2016, dan setahun kemudian bangunan jadi, dan baru dijalankan usaha berupa minimarket yang menjual kebutuhan-kebutuhan masyarakat termasuk kebutuhan pertanian dengan penyertaan modal awal sebesar Rp 120 Juta DD 2017, serta pada tahun 2018 desa juga mengucurkan dana lagi penyertaan modal sebesar Rp70 juta DD 2018 untuk memperkuat struktur permodalan BUMDes, jelasnya.

Lebih lanjut diterangkan, Minimarket yang dijalankan BUMDes kini  sudah menjadi tempat kulakan warung-warung kecil di Kaligiri dan sekitarnya, karena harga yang ditawarkan relatif lebih rendah dibanding dengan toko lainnya.

Selain menyediakan segala kebutuhan masyarakat, BUMDes Kaligiri juga bekerjasama dengan pihak Bank Pemerintah untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan perbankan seperti menerima dan transfer uang bahkan kedepan rencana penerimaan pembayaran rekening PLN, ujarnya. imam(r)
Share this article :