Hujan Lebat, Tebing Setinggi 50 Meter Alami Longsor - suara rakyat
Home » , » Hujan Lebat, Tebing Setinggi 50 Meter Alami Longsor

Hujan Lebat, Tebing Setinggi 50 Meter Alami Longsor

Written By suararakyat on Saturday, January 19, 2019 | 2:24 PM

Paguyangan,(suararakyattegal.com),- Tebing setinggi sekitar 50 meter di ruas jalan Propinsi menuju obyek wisata (OW) Kaligua Pandansari, samping jembatan Kalierang dukuh Kalibuntu desa Wanatirta kecamatan Paguyangan kabupaten Brebes mengalami longsor. Sehingga sebagian ruas jalan tertutup oleh material longsoran tebing pada Jumat (18/1) sore kemarin.

Tebing longsor diakibatkan turun hujan lebat yang mengguyur wilayah Brebes Selatan pada Jum’at sore, selain tebing juga  satu rumah milik warga RT 13, RW 04 Dukuh Kalibuntu, Desa Wanatirta. Dalam insiden tersebut tidak memakan korban jiwa.

Kepala Desa Wanatirta H Maskur AS membenarkan kejadian tersebut, kelongsoran terjadi  pada Jumat sore sekitar pukul 16.30 WIB yang disebabkan hujan lebat yang berkepanjangan. Dalam insiden ini pihaknya telah melaporkan ke Pemda Brebes melalui Camat Paguyangan.

Dikatakan Maskur, selain tebing longsor juga sebuah rumah milik warga pada bagian dapurnya juga ikut longsor dan ambruk. Pihaknya menghimbau warganya agar selalu berhati-hati, terutama bagi pengunjung agro wisata Kaligua, saat datang hujan lebat agar berhenti dan mencari naungan yang dianggap aman, karena jalur yang dilewati merupakan daerah rawan longsor. imbaunya saat meninjau/berada dilokasi Sabtu (19/1).

Sementara untuk penanganan material tanah longsor yang menutupi badan jalan, sebagian telah dibersihkan dengan mengerahkan warga dan dibantu oleh jajaran Polsek serta personil TNI koramil Paguyangan dengan menggunakan alat seadanya. Dengan gotongroyong sehingga akses jalan dapat kembali normal,  pungkasnya. imam(r)
Share this article :