Pemdes Kretek Peduli Kesehatan Masyarakat - suara rakyat
Home » , » Pemdes Kretek Peduli Kesehatan Masyarakat

Pemdes Kretek Peduli Kesehatan Masyarakat

Written By suararakyat on Sunday, January 6, 2019 | 1:27 PM

Paguyangan,(suararakyattegal.com),-  Upaya menyehatkan masyarakat Pemerintah Desa (Pemdes) Kretek kecamatan Paguyangan kabupaten Brebes dalam penggunaan maupun penyerapan anggaran bantuan dana desa (DD) memfokuskan untuk program pemberdayaan masyarakat dibidang kesehatan. Diantaranya, rumah tidak layak huni (RTLH), jambanisasi serta persampahan, dengan maksud supaya masyarakat tidak lagi membuang tinja/kotoran disungai maupun sembarang tempat, sehingga kondisi seluruh masyarakat desa Kretek bisa layak hidup sehat secara prima. Hal ini disampaikan Edi Setiabusi SH selaku sekretaris desa (Sekdes) setempat saat ditemui diruang kerjanya baru baru ini.

Kepala desa (Kades) Kretek Akya melalui Sekdes Edi Setiabudi SH mengatakan, tahap demi tahap Pemdes Kretek dalam menggunakan bantuan anggaran terutama anggaran Dana Desa (DD), melaksanakan program pembangunan insfrastruktur dan pemberdayaan masyarakat. Seperti pada anggaran DD 2018, telah memfokuskan penyerapan anggaran untuk program pemberdayaan masyarakat seperti RTLH dan Jambanisasi.

Dijelaskan Edi, bantuan anggaran DD 2018 telah melaksanakan pembangunan RTLH sebanyak 11 unit dan 80 unit jambanisasi yang baru terealisasi mencapai 70 persen.

Lanjut Edi, wilayah desa yang terdiri 11 pedukuhan dan terdapat masyarakat ekonomi menengah kebawah yang perlu mendapat perhatin. Jumlahnya, ratusan sehingga Pemdes bersama Forum Kesehatan Desa (FKD) masih terus melakukan program tersebut secara bertahap sesuai dengan anggaran yang ada dan pada bantuan anggaran DD tahun 2019 juga masih menfokuskan dan mengalokasikan untuk menuntaskan pembangunan RTLH dan jambanisasi, termasuk pengadaan terkait persampahan yang akan dilakukan disetiap perdukuhan, jelas Edi yang juga ketua Forum Kesehatan Desa (FKD) Kretek. imam(r)
Share this article :