Puskesmas Buaran Bantarkawung Brebes Siap Tingkatkan Kesehatan di Tujuh Desa - suara rakyat
Home » , » Puskesmas Buaran Bantarkawung Brebes Siap Tingkatkan Kesehatan di Tujuh Desa

Puskesmas Buaran Bantarkawung Brebes Siap Tingkatkan Kesehatan di Tujuh Desa

Written By suararakyat on Tuesday, January 15, 2019 | 10:14 AM

Bantarkawung,(suararakyattegal.com),- Puskesmas Buaran yang telah menyandang akreditasi ini dan berada di jalan raya Provinsi Bumiayu-Salem tepatnya di desa Pangebatan kecamatan Bantarkawung kabupaten Brebes berupaya siap untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di tujuh desa binaannya, diantaranya desa Pangebatan, Karangpari, Waru, Telaga, Cibentang, Banjarsari dan Cinanas. Hal ini disampaikan Bidan Mulyani selaku Kepala Puskesmas Buaran saat ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.

Mulyani mengatakan, Sesuai dengan visi Puskesmas Buaran yaitu mewujudkan masyarakat wilayah puskesmas Buaran sehat dan mandiri. Puskesmas melalui Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan pemberdayaan masyarakat dibidang kesehatan kita selalu melibatkan peran serta dari kader kesehatan, kader Posyandu, sub PPKBD, dukun bayi dan lintas sektor yang dibiayai dengan dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK), yang mana program Puskesmas berorientasi kepada pelayanan promotif dan preventif.

Lebih lanjut Mulyani mengungkapkan, untuk lebih mengoptimalkan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan khususnya wilayah binaannya dengan menggandeng kepala desa untuk bermitra dan berkoordinasi dalam pemanfaatan DD untuk bidang kesehatan. Selain itu berkoordinasi dengan pihak yayasan Aisyiah untuk penemuan suspeck TB/HIV, untuk mencapai tujuan eliminasi TB.

Dijelaskan, pihaknya masih memiliki kendala di wilayah desa yang pertolongan persalinan masih ke dukun bayi karena dipengaruhi budaya ataupun mitos bahwa yang bersalin di fasilitas kesehatan (Faskes) merupakan persalinan yang sulit. Berbagai upaya sudah dilakukan dengan pendekatan kepada masyarakat melalui penkes ataupun edukasi. Padahal untuk pendanaan gratis bagi pemilik BPJS PBI ataupun Non PBI, bagi masyarakat yang tidak mampu dan tidak memiliki BPJS dana persalinan gratis dibiayai dengan dana Jampersal.

Diharapkan Mulyani Puskesmas Buaran dapat meningkatkan pelayanan yang prima baik melalui upaya kesehatan masyarakat (UKM) ataupun upaya kesehatan perseorangan (UKP), juga tercapai tujuan sesuai visi khususnya dan meningkatnya IPM di kabupaten Brebes. Harap Mulyani yang baru beberapa bulan menjabat sebagai Kepala Puskesmas Buaran.

Sementara dengan data di profil Puskesmas Buaran tahun 2018, angka kejadian penyakit tidak menular (PTM). dan jumlah penduduk lansia yang tinggi maka puskesmas Buaran di 7 desa wilayah kerja Puskesmas Buaran, menindaklanjuti masalah tersebut dengan mengoptimalkan kegiatan Pospindu dan Posyandu lansia.
Awal tahun 2019 Puskesmas Buaran melakukan inovasi dengan kegiatan Pospindu dengan pendekatan Herbalik.  Proses awal telah dilaksanakan MOU melalui pertemuan dengan pihak masyarakat yang diwakili pihak yayasan Miftahul Khoir dukuh Buaran desa Pangebatan pada. Jumat 11/1 kemarin. Adapun hasil dari pertemuan tersebut menghasilkan keputusan yaitu pelaksanaan kegiatan Pospindu dengan therapi herbalik yang akan dilounching hari Sabtu 26/1 besok. Untuk menunjang kegiatan tersebut, saat ini masyarakat sedang melaksanakan pengolahan tanah melalui pemanfaatan pekarangan untuk penanaman tanaman herbal yang didapatkan dari swadaya masyarakat. imam(r)
Share this article :