Tembok Penahan Tebing Ambrol, Tiga Rumah Warga Terancam Tertimbun Longsor - suara rakyat
Home » , » Tembok Penahan Tebing Ambrol, Tiga Rumah Warga Terancam Tertimbun Longsor

Tembok Penahan Tebing Ambrol, Tiga Rumah Warga Terancam Tertimbun Longsor

Written By suararakyat on Tuesday, January 8, 2019 | 1:14 PM

Salem,(suararakyattegal.com),- Tiga rumah warga dibawah tembok penahan tebing terancam tertimbun longsoran, pasalnya tembok penahan tebing setinggi 8 Meter yang berada disamping atas rumah mereka mengalami ambruk/longsor akibat hujan deras yang mengguyurnya pada Kamis 3/1 pekan lalu, hal ini disampaikan kepala desa Gandoang Warkono saat ditemui diruang kerjanya Selasa (8/1) kemarin.

Kepala desa (Kades) Gandoang Warkono membenarkan wilayahnya diguyur hujan deras sejak sore sekitar pukul 15.00 WIB hingga menjelang petang sekitar pukul 18.30 WIB, sehingga mengakibatkan tebing sepanjang 10 Meter yang berada di Rt 02/01 mengalami longsor dan ambruk karena tidak dapat menahan resapan air diatasnya. Pihaknya menghimbau agar warganya yang bertempat tinggal dibawah tebing harus waspada namakala turun hujan, imbaunya.

Dijelaskan Warkono, sementara ada 3 rumah milik warga yang terancam timbunan runtuhan tebing yang ambruk, diantaranya milik  Kartoyo (60), Warsono (25), Rukman (30). Dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa. Sedangkan penghuni ketiga rumah tersebut telah dievakuasi ke rumah tetangga maupun pada sanak saudaranya sampai kondisi tebing benar-benar aman.

"Dalam insiden ini ditaksir kerugian materiil sekitar sebesar Rp 25 Juta", tandas Warkono.

Lanjut Warkono, dalam kejadian tersebut pihaknya telah melaporkan ke Pemda Brebes melalui Camat setempat, dan sementara penangan darurat telah dilakukan gotong royong oleh masyarakat dan dibantu anggota TNI dan Polri.

Sementara salah satu saksi kejadian Warsono menjelaskan, berawal datang hujan deras dan setelah hujan berhenti sekitar pukul 21.15 WIB tiba-tiba mendengar suara gemuruh yang menakutkan ternyata suara bangunan tebing yang berada disamping rumahnya mengalami ambruk kebawah. tutur dia yang juga menjadi korban. imam(r)
Share this article :