BUMDes Brayan Maju Desa Kalijurang Brebes Tahun 2019 Siapkan Terobosan Baru - suara rakyat
Home » , , » BUMDes Brayan Maju Desa Kalijurang Brebes Tahun 2019 Siapkan Terobosan Baru

BUMDes Brayan Maju Desa Kalijurang Brebes Tahun 2019 Siapkan Terobosan Baru

Written By suararakyat on Friday, February 8, 2019 | 12:29 AM

Tonjong,(suararakyattegal.com),- Pemerintah desa Kalijurang kecamatan Tonjong meminta pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Brayan Maju agar bisa berinovasi dalam melaksanakan kegiatannya. Sehingga nantinya pada rapat evaluasi tahunan dapat mencapai sisa hasil usaha (SHU) yang diharapkan, hal ini diungkapkan Kepala desa Kalijurang Tarsun dalam sambutan acara rapat evaluasi tahunan yang digelar  diruang kantor desa setempat belum lama ini.

Tarsun mengatakan, kegiatan usaha BUMDes agar bisa berkembang dan maju dibutuhkan pengurus yang bisa menciptakan inovasi yang tepat bagi masyarakat desa, karena hasil usaha BUMDes ini dari, oleh dan untuk masyarakat.

Dikatakan Tarsun, pihaknya dapat memaklumi hasil usaha yang diperoleh BUMDes saat ini karena baru tahap awal, dengan harapan kedepan akan bisa berkembang dan meningkat.

Dijelaskan, BUMDes yang dibentuk pada akhir tahun 2017 pihaknya telah menggelontorkan dua kali anggaran dari dana desa (DD) 2017 sebesar Rp 55 Juta, dan DD 2018 juga Rp 55 Juta, serta BUMDes mendapat bantuan dari Propinsi sebesar Rp 20 Juta, sehingga total anggaran yang diterima BUMDes sebesar Rp 130 Juta. Rencana pada anggaran DD 2019 juga pihak pemdes akan kembali menganggarkan, karena BUMDes akan memiliki unit usaha baru yakni unit pengelolaan sampah yang mungkin membutuhkan anggaran yang besar.

Sementara Direktur Bumdes Brayan Maju Kalijurang Suwito mengakui, pihaknya bersama jajaran pengurus belum dapat melaksanakan kegiatan secara maksimal, hanya baru merintis terobosan maupun inovasi usaha kedepan untuk dapat memajukan BUMDes diantaranya akan membentuk unit usaha baru.

Lanjut Suwito, pihaknya dalam menjalankan BUMDes selama satu tahun ini dengan memiliki 6 unit jenis usaha antara lain unit simpan pinjam, pertanian, perikanan, industri, perdagangan dan jasa dengan memperoleh SHU sebesar Rp 7.216.500.

Suwito menambahkan, yang penting dalam akhir tahun kegiatan dapat mempertanggung jawabkan kepada masyarakat yang dikemas dalam acara rapat evaluasi kegiatan BUamDes 2018, dan kedepan dengan dibentuknya pengelolaan sampah sebagai unit usaha baru diharapkan SHU akan lebih meningkat ujarnya. imam(r)
Share this article :