Kondisi Kantor Pelayanan Msyarakat Desa Plompong Alami Tanah Retak - suara rakyat
Home » , » Kondisi Kantor Pelayanan Msyarakat Desa Plompong Alami Tanah Retak

Kondisi Kantor Pelayanan Msyarakat Desa Plompong Alami Tanah Retak

Written By suararakyat on Sunday, February 24, 2019 | 7:06 PM

Sirampog,(suararakyattegal.com),- Kondisi kantor pelayanan masyarakat desa Plompong kecamatan Sirampog kabupaten Brebes dinilai sudah tidak layak lagi sebagai tempat pelayanan masyarakat. Pasalnya, bangunan yang berukuran 12 x 6 Meter saat ini kondisi sebagian lantainya mengalami retak selebar 2- 3 Cm bahkan berpotensi ambruknya dinding bangunan, serta bisa mengancam keselamatan jiwa. Selain itu posisi ruang pelayanan juga belum tertata dengan baik, hal ini disampaikan Kepala desa Plompong Fatoni diruang kerjanya, Jumat (21/2) lalu.

Dikatakan Fatoni dengan kondisi seperti ini pihaknya merencanakan akan merehabnya secara total, yang akan membutuhkan anggaran sekitar Rp 400 Juta. Dan hal tersebut telah dimasukan dalam draf pengajuan usulan pada Musrenbang tingkat kecamatan untuk bisa direalisasikan dianggaran APBD Brebes 2020 mendatang.

Dijelaskan Fatoni, kerusakan yang terjadi akibat bencana alam tanah bergerak pada beberapa tahun yang lalu. Sedangkan pengajuan usulan perbaikan dilakukan tiap tahun anggaran, namun belum mendapat respon. Pihaknya tidak merasa bosan di tahun 2019 ini tetap berupaya mengajukan usulan kembali melalui Musrenbang ditingkat kecamatan Sirampog, dengan harapan aspirasi ini mendapat perhatian serius dari Pemda Brebes, karena kantor desa ini merupakan pelayanan masyarakat.

Fatoni mengakui kondisi geografis wilayah di desanya merupakan daerah yang rawan bencana alam, tanah bergerak termasuk lokasi kantor pelayanan masyarakat tersebut. Disamping itu bangunan tersebut merupakan asset satu satunya milik desa, dimana kondisinya masih labil sehingga mengalami kerusakan yang cukup serius.

"Manakala dibangun kembali diharapkan nanti konstruksi bangunannya harus kokoh, sehinggs bisa terhindar dari bencana keretakan maupun tanah bergerak", ujarnya.

Sementara Camat Sirampog Wigiyanto SIP melalui kasie Pemdes H Darin BA membenarkan kondisi kantor pelayanan masyarakat di desa Plompong kondisinya sangat memprihatinkan, dan usulan pihak desa telah masuk pada draf Musrenbang kecamatan untuk dapat diperjuangkan di Musrenbang tingkat kabupaten Brebes. Masalah direalisasi atau tidak tergantung perjuangan delegasi yang ditunjuk dalam mengikuti Musrenbang tingkat kabupaten maupun anggota wakil rakyat di DPRD Brebes yang ada dikecamatan Sirampog, ungkapnya.

"Mengingat Kantor desa Plompong sebagai pusat pelayanan masyarakat, dan dengan kondisi yang sangat memprihatinkan ini, Pemerintah pasti akan meresponnya", tandas Wigiyanto. imam(r)
Share this article :