Sosialisasi PPT Tiara, RSUD Diminta Harus Memiliki Tim Khusus Pelayanan Anak dan Perempuan - suara rakyat
Home » , » Sosialisasi PPT Tiara, RSUD Diminta Harus Memiliki Tim Khusus Pelayanan Anak dan Perempuan

Sosialisasi PPT Tiara, RSUD Diminta Harus Memiliki Tim Khusus Pelayanan Anak dan Perempuan

Written By suararakyat on Sunday, February 17, 2019 | 9:52 PM

Bumiayu,(suararakyattegal.com),- RSUD harus memiliki tim khusus untuk menangani dan memberikan pelayanan terhadap anak dan perempuan korban kekerasan, hal ini disampaikan Dra Aqilatul Munawaroh MPd pada sambutan sosialisasi Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) Tiara di Aula RSUD Bumiayu Jumat (15/2) kemarin.

Ketua PPT Tiara kabupaten Brebes Dra Aqilatul Munawaroh mengatakan, Pelayanan terhadap korban kekerasan tersebut  tidak dibatasi oleh waktu. Setiap saat atau kapan saja harus dapat memberikan pelayanan pada anak dan perempuan korban kekerasan itu. Oleh Karena itu setiap karyawan baik medis maupun non medis harus juga memahami itu, agar nantinya dapat memberikan pelayanan tersebut dengan standar yang lebih khusus.

Hal senada dikatakan dr Ali Budiarto selaku Dirut RSUD Bumiayu, pihaknya telah bermitra dengan PPT Tiara sejak tahun 2016 lalu untuk mensuport Pemerintah dalam upaya perlindungan terhadap anak dan perempuan korban kekerasan

"RSUD Bumiayu sudah ada kerja sama dengan PPT Tiara, dengan memberikan pelayanan terhadap anak dan perempuan korban kekerasan tanpa dipungut biaya baik visum maupun perawatan," ujarnya.

Lebih lanjut RSUD Bumiayu juga akan memberikan pelayanan psikologi kepada mereka. Layanan itu diberikan, mengingat para anak dan perempuan korban kekerasan baik fisik maupun seksual biasanya mengalami goncangan mental dan trauma berat.

Sementara nara sumber sosialisasi dari Kanit PPA Satreskrim Polres Brebes Ipda Puji Haryati menyampaikan, RSUD Bumiayu harus berperan pula dalam upaya penegakan hukum kasus-kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan. Bantuan bisa dilakukan dengan melakukan visum terhadap korban sesuai permintaan Polisi, dan juga memberikan hasil rekam medis jika dibutuhkan oleh Polisi.

Lanjut Puji, pihaknya berharap semua pihak juga dapat ikut serta membantu melakukan pencegahan terjadinya kasus kekerasan pada anak dan perempuan. Mengingat saat ini kasus tersebut cenderung meningkat, sehingga perlu mendapat perhatian khusus dari semua pihak, ujarnya - imam(r)
Share this article :