Akibat Hujan Deras Tebing Setinggi 15 Meter Alami Longsor - suara rakyat
Home » , » Akibat Hujan Deras Tebing Setinggi 15 Meter Alami Longsor

Akibat Hujan Deras Tebing Setinggi 15 Meter Alami Longsor

Written By suararakyat on Thursday, March 28, 2019 | 9:13 PM

Bantarkawung,(suararakyattegal.com),- Tebing setinggi 15 Meter di dukuh Tarikembing Rt 01 Rw 07 desa Banjarsari kecamatan Bantarkawung kabupaten Brebes mengalami ambrol dan longsor, kejadian terjadi akibat turun hujan lebat selama 3 jam lebih Selasa (27/3) kemarin.

Kepala desa (Kades) Banjarsari melalui Sekdes M Jaharudin menjelaskan, longsor terjadi sekitar pukul 19.50 WIB usai mengalami hujan lebat selama tiga jam lebih sejak pukul 14.30 siang. Longsoran tebing mengancam 3 rumah milik warga amblas dan dampak longsor yang terjadi mengakibatkan akses jalan desa tertimbun material setebal 2 meter dengan lebar 3 meter, dan 6 rumah milik wargapun nyaris tertimbun longsoran.

Dikatakan Jaharudin, setelah mendapat laporan dari warga keesokan harinya pihaknya langsung menghadirkan satgas BPBD dan mengerahkan warga untuk bekerja bakti dengan alat seadanya untuk membersihkan material longsor yang menutupi badan jalan desa. Sehingga akses transportasi tersebut bisa normal kembali, dan dapat dilalui kendaraan. Sedang para korban yang rumahnya terancam amblas maupun tertimbun longsoran semua telah dievakuasi kerumah kerabatnya yang lebih aman, dikhawatirkan terjadinya longsoran susulan, jelasnya

Lebihlanjut, pihaknya dengan adanya peristiwa ini telah melaporkan kejadian ke Pemda Brebes melalui Camat Bantarkawung.

Adapun tiga rumah warga yang berada diatas tebing terancam amblas diantaranya milik Karmudin (65), H Rohim (68) dan Sahudin (33). Sedangkan enam rumah warga yang berada dibawah tebing terancam longsoran yakni milik Nurudin (65), Abdullah Nur (30), Alimudin (30),Taufik (46), Ratam (66) dan Wahidin (48). imam(r)
Share this article :