Muspika Salem Sosialisasikan Pilkades Serentak - suara rakyat
Home » , » Muspika Salem Sosialisasikan Pilkades Serentak

Muspika Salem Sosialisasikan Pilkades Serentak

Written By suararakyat on Monday, March 18, 2019 | 3:58 PM

Salem,(suararakyttegal.com),- Menjelang pemilihan kepala desa (Pillades) serentak di kabupaten Brebes, Muspika Salem menggelar sosialisasi Pilkades di gedung olah raga (GOR) kantor desa Banjaran Kamis (14/3) lalu.

Camat Salem Nur Ari Yuswanto, M.Si mengatakan, sosialisasi ini agar dapat dipahami oleh masyarakat bahwa Pemda Brebes akan menggelar Pilkades tahap I secara serentak pada bulan Juni 2019 mendatang.

Terkait tahun politik yang dilanjut dengan pelaksanaan pilkades tersebut berharap kepada masyarakat agar ikut serta membantu aparat untuk mengamankan lingkungan dan wilayah di kecamatan Salem, sehingga kondisi tetap bisa aman tenteram, dan kondusif, harapnya.

"Pelaksanaan Pilkades tahap I ini bagi desa yang mengalami kekosongan maupun kades yang telah purna pada 12 Maret kemarin dan diisi oleh Pj Kades sampai adanya pelantikan Kades baru yang defenitif", tandasnya.

Lanjut Ari, penghargaan kepada Kades yang telah habis masa jabatannya selama 6 tahun dalam menjalankan tugas dan amanahnya selesai dengan baik dan terhormat. Dan kepada pejabat yang baru ditunjuk dari Pemerintah kecamatan untuk mengisi jabatan Kades, diharapkan mampu mengemban tugas amanah dalam menjalankan roda pemerintah desa, sehingga bisa membanggakan instansinya, serta manakala terdapat masalah maupun kendala dalam melaksanakan tahapan-tahapan Pilkades bisa segera meminta bantuan ke Pemerintahan kecamatan.

Dijelaskan Ari, bahwa pendaftaran pencalonan Pilkades adalah gratis, karena ditanggung dari APBD. Dan peserta calon kades tidak boleh tunggal, atau minimal kurang dari 5 calon, lebih dari 5 calon akan dilakukan test oleh panitia pilkades tingkat kabupaten Brebes, jelas Ari.

Sosialisasi ini dihadiri masyarakat yang terdiri dari tokoh masyarakat dan tokoh agama juga didalamnya jajaran Muspika, Koramil 13/Salem Pelda Jahri, Pj Kades Banjaran Dartono dan Mantan Kades Banjaran Nasehi. imam(r)
Share this article :