Pembagian Bantuan Pemerintah di Dua Kecamatan Dianggap Kurang Tepat Sasaran - suara rakyat
Home » , , » Pembagian Bantuan Pemerintah di Dua Kecamatan Dianggap Kurang Tepat Sasaran

Pembagian Bantuan Pemerintah di Dua Kecamatan Dianggap Kurang Tepat Sasaran

Written By suararakyat on Sunday, March 3, 2019 | 12:36 PM


Tonjong,(suararakyattegal.com),- Dengan adanya permasalahan yang terjadi di masyarakat dimana merasa kurang adilnya pembagian bantuan yang digelontorkan oleh pemerintah yaitu terkait pendataan yang sebelumnya dinilai tidak valid. Dengan ketidakvalidan data sehingga bantuan pemerintah tersebut dalam memberikan dianggap tidak tepat sasaran, maka pemda Brebes akan kembali mendata dan merevisi data yang lama, hal ini disampaikan kepala Dinas Sosial Kabupaten Brebes melalui kasie pendataan Slamet Gembira SH saat membuka Bimtek Operator dan Pencacah Lapangan Verifikasi dan validasi Basis Data Terpadu (BDT) di Aula kantor kecamatan Tonjong Kamis (28/2) lalu.

Slamet mengatakan, kegiatan ini berlatar belakang perlindungan sosial yang merupakan bagian dari visi misi dan program Pemerintah. Visi yang dikenal dengan “Nawa Cita” memiliki cita-cita di antaranya; Peningkatan kualitas hidup manusia Indonesia melalui Program Perlindungan Sosial.

Dijelaskan, mekanisme verifikasi dan validasi data dimaksud dilakukan karena mengingat perubahan kondisi penerima manfaat bersifat dinamis. Banyak faktor yang menyebabkannya demikian, seperti perubahan demografis penduduk, perubahan status sosial-ekonomi, serta mobilitas penduduk. Hal ini menjadi fokus penting dalam hal penanganan fakir miskin supaya dapat dilakukan lebih terpadu, jelasnya.

Lanjut Slamet, di kabupaten dan kota se Jawa Tengah, di kabupaten Brebes yang mengawali melaksanakan kegiatan program ini, dan diakui kegiatan yang memakan waktu yang singkat ini diharapkan dapat tercapai dan sukses dengan menghasilkan pendataan yang benar benar valid.

Dikatakan sekitar 25 operator dan 25 Petugas Pencacah Lapangan (PCL) dari masing masing desa di Dua kecamatan (Tonjong dan Sirampog) mengikuti Bintek, terkait, verifikasi data BDT, dengan narasumber dari dinas sosial kabupaten Brebes, dengan harapan data tersebut bisa menjadi lebih mengena dan lebih baik, ujar Slamet. imam(r)
Share this article :