Pilkades Serentak Tahun 2019 Pemerintah Kecematan Tonjong Tidak Intervensi - suara rakyat
Home » , » Pilkades Serentak Tahun 2019 Pemerintah Kecematan Tonjong Tidak Intervensi

Pilkades Serentak Tahun 2019 Pemerintah Kecematan Tonjong Tidak Intervensi

Written By suararakyat on Monday, March 25, 2019 | 3:38 PM

Tonjong,(suararakyattegal.com),- Terkait akan digelarnya pemilihan desa (Pilkades) secara setentak tahun 2019 tahap pertama di kabupaten Brebes. Pemerintahan kecamatan Tonjong kabupaten Brebes tidak akan ikut campur atau mengintervensi semua kegiatan yang dilakukan pemerintahaan desa, apalagi dalam Pilkades tersebut, hal ini disampaikan Camat Tonjong Cecep Aji Suganda AP MSi pada acara sosialisasi dan pembentukan Panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) Kalijurang di Gedung NU desa setempat, belum lama ini.

Cecep mengatakan, pihaknya tidak berwenang untuk ikut campur maupun intervensi kegiatan Pemdes melainkan bersifat sebatas memberikan pembinaan dan himbauan sesuai tupoksinya dalam aturan Pemerintahan yang berlaku.

Lanjut Cecep, terkait pelaksanaan Pilkades secara serentak tahap pertama pada 16 Juni mendatang termasuk di desa Kalijurang ini, pihaknya menghimbau supaya Pemdes segera membuat Perdes, membentuk kepanitiaan Pilkades oleh Badan Permusyarawatan Desa (BPD). Dan mengharapkan panitia Pilkades bisa bekerja secara profesional dalam melaksanakan tahapan Pilkades serta memahami aturan yang ada.

Hal senada Kasie Pemerintahan kecamatan Tonjong Asno SH menjelaskan, kepanitiaan Pilkades harus berjumlah ganjil minimal 5 orang dan maksimal 11 orang tergantung luas wilayah dan jumlah penduduk, mereka harus dapat bekerja secara netral dan profesional. Selain itu calon Kades tidak dipungut biaya, pendaftaran dibuka mulai 31 Maret - 8 April. Anggaran Pilkades di desa Kalijurang mencapai Rp 70 Juta yang ditanggung oleh APBD Brebes sebesar  Rp 40 Juta dan APBDes. Rp 30 Juta, jelas Asno dalam pemaparan sosialisasi Pilkades di desa Kalijurang.

Sementara ketua BPD Kalijurang Nuridin menjelaskan, jumlah kepanitiaan Pilkades yang direkrut sejumlah 11 orang ini dengan harapan bisa bekerja tanpa melakukan KKN dengan calon Kades, sehingga bisa menghasilkan pemimpin desa yang terbaik secara lancar dan aman, ungkapnya. imam(r)
Share this article :