Sejumlah Mantan Kades Kecamatan Paguyangan Siap Mencalonkan Kades Kembali - suara rakyat
Home » , » Sejumlah Mantan Kades Kecamatan Paguyangan Siap Mencalonkan Kades Kembali

Sejumlah Mantan Kades Kecamatan Paguyangan Siap Mencalonkan Kades Kembali

Written By suararakyat on Tuesday, March 19, 2019 | 11:33 AM

Paguyangan,(suararakyattegal.com),- Sejumlah mantan Kepala desa (Kades) di kecamatan Paguyangan kabupaten Brebes menyatakan siap untuk mencalonkan kembali dan ikut mendaftarkan diri sebagai calon Kades pada Pilkades mendatang. Salah satunya mantan Kades Kretek Akya, dalam menyampaian sambutannya pada acara serah terima jabatan kades di gedung GOR Bulutangkis desa Kretek Senin (18/3) kemarin.

Akya menjabat Kades Kretek baru satu periode dan telah purna habis masa jabatannya secara terhormat, pihaknya mengatakan siap untuk mencalonkan kembali yang kedua kalinya, karena masih merasa terpanggil untuk  meneruskan pembangunan di desa yang belum maksimal.

Menurut Akya masa jabatan satu periode selama 6 tahun itu dinilai terlalu singkat waktunya padahal program Pemerintah sangat komplek untuk dapat mensejahterakan warganya.

Hal senada disampaikan mantan Kades Taraban Imam Mahdi SH, pihaknya merasa  belum cukup dalam pengabdian kepada warganya, sehingga mencoba kembali untuk maju. Dan manakala terpilih lagi pihaknya siap untuk melanjutkan dan meningkatkan program pembangunan yang belum dituntaskan, katanya.

Sementara Plt Camat Paguyangan Darto SH mengakui beberapa Kades yang purna akan kembali mencalonkan diri sebagai peserta Pilkades yang digelar dua tahap, tahap pertama pada 16 Juni dan tahap kedua pada bulan Desember mendatang secara serentak. Dan tahapan pendaftaran calon Kades tahap pertama sudah dimulai dan akan berakhir pada 8 April mendatang, katanya.

Dijelaskan Darto, tahun 2019 dari sejumlah 12 desa yang akan melaksanakan Pilkades sejumlah 11 desa, dan tahun 2020 hanya 1 desa (Cilibur), mantan kades yang akan kembali maju pilkades 2019 ada 8 mantan diantaranya, pada tahap pertama sekitar 4 mantan (Kades Kretek, Taraban, Cipetung, Wanatirta) dan tahap kedua 4 mantan Kades (Paguyangan, Pakujati, Kedungoleng, dan Ragatunjung.) mereka mayoritas baru menjabat Kades selama satu periode.

Lanjut Darto, animo mereka untuk kembali mencalonkan sebagai Kades memicu pada aturan yang baru, Kades bisa menjabat sebanyak 3 masa periode dengan biaya gratis yang ditanggung oleh APBD. imam(r)
Share this article :