Mantan Kades Kalinusu Bumiayu Peduli Kesejahteraan Petani - suara rakyat
Home » , » Mantan Kades Kalinusu Bumiayu Peduli Kesejahteraan Petani

Mantan Kades Kalinusu Bumiayu Peduli Kesejahteraan Petani

Written By suararakyat on Monday, May 6, 2019 | 8:35 PM

Bumiayu,(suararakyattegal.com),- Menjelang musim tanam petani desa Kalinusu kecamatan Bumiayu kabupaten Brebes melakukan normalisasi secara swadaya dengan membuat saluran air di tepi sungai Keruh sepanjang 150 Meter dengan lebar 4 Meter, guna mengairi lahan pertanian seluas, sekitar 243 Hektar yang sangat membutuhkan irigasi pada paska tanam mendatang. Hal ini dikatakan mantan Kades Kalinusu Khaeroni saat berada di lokasi normalisasi Sabtu (4/5) kemarin.
Khaeroni mengatakan, walaupun pihaknya sudah tidak lagi menjabat Kades, mamun dirinya merasa masih memiliki tanggung jawab kepada masyarakat khususnya para petani, karena dirinya telah berkomitmen akan memperjuangkan kesejahteraan masyarakat dibidang pertanian.
Dijelaskan Khaeroni, kesulitan petani akan air sejak sarana bangunan bendung Notog yang melintang di sungai Keruh yang merupakan andalan petani desa Kalinusu saat itu mengalami ambrol dan rusak parah akibat termakan usia dan hantaman banjir pada tahun lalu. Namun sampai sakarang walau sudah dilakukan survay oleh dinas terkait namun belum mendapat perbaikan, sehingga sambil menunggu penanganan dari pihak Pemerintah,  penanganan sementara/darurat dirinya berinisiatif untuk mengatasi para petani menjelang musim tanam dengan mendatangkan alat berat/ bego untuk melakukan normalisasi dan membuat saluran ntretes sungai menuju pintu irigasi ke lahan pertanian yang ditarget 7 hari bisa selesai.
Lanjut Khaeroni, padahal pada paska ambrolnya bendung Notog pihaknya telah berupaya mengajukan permohonan kepada Pemerintah Daerah maupun Propinsi, namun sampai sekarang belum ada tanda tanda penanganan.
"Saya berharap Pemerintah untuk segera memberikan perhatian bagi petani di desa yang masih tertinggal ini", ujarnya.
Khaeron menjelaskan, pihaknya dengan melakukan perjuangan ini membantah keras manakala ada tuduhan terhadap dirinya yang dinilai upaya mencari pencitraan maupun kampanye dalam memperoleh dukungan suara warga terkait dirinya telah mendaftarkan diri kembali sebagai calon Kades pada 16 juni mendatang.
"ini semua saya lakukan semata mata merasa peduli dengan petani, karena patuh pada program kerjanya yang berkomitmen untuk pengabdian dan memperjuangkan kesejahteraan para petani di desanya", katanya.
Sementara Kepala UPTD PSDA Pemali Hulu Bumiayu H. Rozikin mengatakan, untuk penanganan bendung Notog telah mendapat respon baik oleh Pemerintah tinggal menunggu saja. Pihaknya berharap agar petani tetap untuk bersabar yang pasti Pemerintah akan membangun bendung Notog kembali, apalagi untuk meningkatkan produksi pertanian maupun bidang ketahanan pangan, ujarnya.
Dijelaskan Rozikin, membangun atau merehab berat bendung yang bentangan 80 Meter itu tidak semudah membalikan tangan. Banyak hal hal atau proses yang harus dilalui mengalokasikan dana untuk anggaran pembuatan DED yang melalui pelaksanaan survey dan penyelidikan tanah.
Lanjutnya, untuk hal ini pihak dinas PSDAPR Kabupaten Brebes sudah siap di anggaran perubahan. Setelah DED
baru mengusulkan anggaran pelaksanaan ke Kementrian PU atau Bantuan keuangan untuk kabupaten ke Propinsi. Sehingga semua membutuhkan waktu, karena
Pemerintah sudah punya rencana yang baik, pungkasnya. imam(r)
Share this article :