Terjerat Kasus APBDes Kades Tambak Serang Mengundurkan Diri dari Jabatan - suara rakyat
Home » , » Terjerat Kasus APBDes Kades Tambak Serang Mengundurkan Diri dari Jabatan

Terjerat Kasus APBDes Kades Tambak Serang Mengundurkan Diri dari Jabatan

Written By suararakyat on Friday, May 24, 2019 | 1:42 AM

Bantarkawung,(suararakyattegal.com),- Kepala Desa (Kades) Tambak Serang, Kecamatan Bantarkawung, Kabupaten Brebes Nurhadi akhirnya bersedia mengundurkan diri dari jabatanya dihadapan pejabat Muspika Bantarkawung di Aula kantor desa Tambak Serang  Kamis (23/5) kemarin.

Pengunduran tersebut terkait aksi damai yang dilakukan warga dalam menuntut supaya diusut tuntas dugaan penyalahgunaan APBDes 2017 dan menuntut Kades turun dari jabatannya. Manakaka tidak dapat memenuhi tuntutan warga dalam kurun waktu 10 hari setelah aksi damai dihalaman kantor kecamatan Bantarkawung 2/5 lalu.

Koordinator forum masyarakat peduli desa (Formalisa) Tambak Serang Usef Asikin SSos mengatakan, masyarakat merasa legowo atas sikap yang diambil kades untuk mundur dari jabatannya.

Tambah Usef gerakan warga ini dalam upaya menegakan hukum dan pemberantasan penyelewengan penggunaan anggaran pembangunan desa dari Pemerintah, katanya usai acara.

Dikatakan Usef, walaupun oknum Kades telah memenuhi segala tututan warga untuk memperbaiki dan mengembalikan semua dana yang tidak disalurkan, dan warga bersikeras supaya Kades diminta harus melepaskan jabatannya, dan masalah selanjutnya pihaknya menyerahkan kepihak yang terkait untuk diproses hukum yang berlaku, ujarnya.

Hal senada dijelaskan oleh salah seorang pengurus Paguyuban Kades Bantarkawung Ujang, Kesediaan mundur Kades tambak Serang Nurhadi berawal mendengar informasi dari warga yang akan melakukan aksi demo susulan, sehingga pihak Kades terlebih dahulu mengadakan musyawarah dengan keluarga maupun dengan Perwakilan Paguyuban Kades, Sekretaris Desa serta perangkat desa di rumah kediamannya pada Kamis dini hari dan akhirnya sepakat Nurhadi membuat pernyataan siap untuk mundur dari jabatan Kades Tambak Serang, jelasnya.

Lanjut Ujang dengan kekawatiran Pemdes setempat, warga akan melakukan aksi dengan jumlah yang lebih besar lagi, pagi harinya pihak Pemdes mengundang Muspika untuk menggelar acara pengunduran diri Nurhadi dari jabatannya dan surat pernyataan pengunduran diri yang dibuat dan ditandatangani bermeterai oleh Nurhadi dan diserahkan kepada Sekdes untuk diserahkan kepada Ketua BPD dengan disaksikan Muspika Bantarkawung dan masyarakat setempat.

Sementara acara pengunduran diri Nurhadi dari jabatan Kades Tambak Serang dihadiri Muspika, jajaran BPD, seluruh perangkat desa, tokoh masyarakat dan puluhan warga berjalan lancar aman dan kondusif. imam(r)
Share this article :