321 Calon Haji, KUA Brebes Bagian Selatan Gelar Manasik Haji Tahun 2019 - suara rakyat
Home » , » 321 Calon Haji, KUA Brebes Bagian Selatan Gelar Manasik Haji Tahun 2019

321 Calon Haji, KUA Brebes Bagian Selatan Gelar Manasik Haji Tahun 2019

Written By suararakyat on Thursday, June 27, 2019 | 12:39 PM

Bumiayu,(suararakyattegal.com),- Sejumlah 321 calon haji (calhaj) dari Kecamatan di wilayah Kabupaten Brebes bagian selatan, (Bumiayu, Paguyangan, Tonjong, Sirampog, Bantarkawung dan Salem) mendapat bimbingan manasik haji tahun 1440 H/2019 M yang digelar oleh masing-masing Kantor Urusan Agama (KUA) setempat selama 6 hari ( 24 juni - 29 juni).
secara serentak se kabupaten Brebes.

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk membekali calhaj tentang tata cara melaksanakan ibadah haji di tanah suci Mekkah. Manasik diberikan kepada calhaj agar calon haji nantinya dapat melaksanakan ibadah haji dengan benar.

Kantor Kementrian Agama kabupaten Brebes melalui Kepala KUA kecamatan Bumiayu HM Fauzi SAg mengatakan, sesuai dengan Surat edaran (SE) Dirjen PHU no. B.15.006/DJ/Dt.II.I/1/04/2019 tgl 15 april 2019. Pelaksanaan manasik di Jawa tengah di laksanakan sebanyak 8 kali diantaranya 2 x ditingkat Kabupaten dan 6 x di  KUA Kecamatan ujar Fauzi, usai sambutan pembukaan manasik haji di RM Sakalibel Bumiayu, belum lama ini.

Dijelaskan Fauzi, KUA kecamatan yang bisa menyelenggarakan minimal memiliki jumlah jamaah 45 orang, manakala kurang dari jumlah tersebut maka digabung dengan KUA terdekat.
Seperti hal Mamasik Haji yang digelar oleh KUA Bumiayu di ikuti sejumlah 126 calhaj (kecamatan Bumiayu sebanyak 97 orang jamaah digabung dengan calhaj dari Kecamatan Tonjong sebanyak 29 orang), dan untuk kecamatan Bantarkawung digabung dengan kecamatan Salem digelar di KUA Salem, sedangkan di kecamatan Paguyangan dan Sirampog manasik digelar oleh masing masing KUA, jelasnya.

Selain dikecamatan Bumiayu  dan Tonjong diperoleh data jumlah calhaj di kecamatan Paguyangan 67orang, Sirampog 54, Bantarkawung 31 dan Salem 43 orang. Menurut sumber jumlah calhaj dari tahun ketahun di wilayah Kabupaten Brebes bagian selatan mengalami peningkatan, hal itu dikarenakan animo masyarakat sangat besar dalam menunaikan rukun islam yang kelima ini.

Sementara Camat Bumiayu, Drs Apriyanto Sudarmoko yang diwakili salah satu kasienya H Sugiarto berpesan agar jamaah calhaj selalu menjaga kesehatannya, karena pelaksanaan ibadah haji membutuhkan kekuatan fisik. "Kondisi kesehatan yang baik akan sangat mendukung dalam pelaksanaan ibadah haji yang banyak mengeluarkan energi fisik," ucapnya pada sambutan pembukaan acara. imam(r)
Share this article :