Home » , » Dishub Kota Tegal Gelar Pemilihan Abdi Yasa Tingkat Kota

Dishub Kota Tegal Gelar Pemilihan Abdi Yasa Tingkat Kota

Written By suararakyat on Thursday, June 27, 2019 | 12:11 PM

Tegal,(suararakyattegal.com),- Sedikitnya 20 perusahaan angkutan umum ikut pemilihan awak kendaraan umum teladan Abdi Yasa tingkat Kota Tegal yang digelar Dishub Kota Tegal. Dari 20 peserta nantinya bakal dipilih 3 terbaik untuk dikirim ke Semarang guna ikuti kompetisi tingkat Provinsi.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tegal, Herviyanto mengatakan, giat pemilihan awak kendaraan umum teladan Abdi Yasa tersebut, untuk mensimulasikan seperti tes-tes di tingkat nasional.
Sedang untuk peserta Abdi Yasa, kata Hervi, terdiri dari pengemudi angkot, pemgemudi bus, pengemudi truck dan sebagainya.

"Kegiatan ini ada dua tahap, yakni uji tes materi dan uji praktik lapangan. Dari 20 peserta, kami pilih tiga terbaik untuk dikirim ke tingkat provinsi guna ikuti kompetisi di sana," ujar Hervi, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (26/6/2019).

Menurut Hervi, maksud tujuan giat tersebut, bermanfaat bagi para pengemudi untuk memahami SOP dan penguasaan dalam teknis kendaraan. Selain itu, lanjut Hervi, dapat memahami cara melayani terhadap para penumpang angkot.

"Giat ini untuk merubah mindset para pengemudi, juga untuk pembekalan keamanan dan kenyamaab dalam berkendara (safety riding)," ungkapnya.

Hervi menambahkan, rencana 22 Juli 2019 ini, akan ada kompetisi kota/kabupaten se Jawa Tengah dan masing-masing daerah harus mengirim maksimal 3 peserta.

Nantinya, lanjut Hervi, jika lolos di tingkat provinsi ke depan akan dilakukan pelatihan lebih lanjut untuk persiapan tingkat nasional.

"Kami harap giat ini dapat meningkatkan kemampuan jasa transportasi, menambah pengetahuan tentang teknis kendaraan, meningkatkan keselamatan lalu lintas dan peningkatan dalam pelayanan penumpang angkutan umum," pungkasnya.(her)
Share this article :