Guna Pembangunan Tebing Pengaman Jalur Kereta API, PT KAI Siap Beri Kompensasi - suara rakyat
Home » , » Guna Pembangunan Tebing Pengaman Jalur Kereta API, PT KAI Siap Beri Kompensasi

Guna Pembangunan Tebing Pengaman Jalur Kereta API, PT KAI Siap Beri Kompensasi

Written By suararakyat on Thursday, June 27, 2019 | 7:32 PM

Tonjong,(suararakyattegal.com),- Puluhan warga dukuh Pekandangan desa Kutamendala kecamatan Tonjong kabupaten Brebes yang memiliki lahan tanah di sepanjang rel Kereta Api  (KA) akan mendapatkan gantirugi, pasalnya lahan tanah mereka akan dijadikan proyek pembangunan tebing pengaman jalur rel KA. Hal ini disampaikan Johar selaku Kepala desa (Kades) Kutamendala usai acara mediasi antar warga dengan pihak PT KAI di Aula desa setempat Kamis (27/6) Siang.

Dikatakan Johar, jumlah pemilik lahan yang akan digunakan proyek tersebut sekitar 30 warga, lahan tanah pertanian mereka dalam waktu dekat ini akan dilakukan pembebasan untuk digunakan pembangunan akses tebing pengaman KA, namun jumlah luas lahan yang akan dibutuhkan itu baru akan dicek dan diukur.

Hal senada dikatakan Dirjen Perhubungan Perkereta Apian (KAI) Taufik, proyek pembangan tebing ini merupakan kebutuhan/kepentingan Nasional untuk keselamatan masyarakat. Pemerintah melalui Dirjen akan memberikan gantirugi kepada mereka sesuai aturan maupun estimasi sewa lahan yang berkisar Rp 80 Ribu sampai Rp 90 Ribu per M2, sehingga tanpa merugikan mereka, ujarnya.

Sementara Danramil Tonjong,  Kapten Inf Suwardi dalam sambutannya meminta kepada pemilik lahan agar bisa membebaskan lahannya dan mendukung dengan adanya proyek nasional ini.

Dijelaskan Suwardi, lahan yang akan digunakan proyek tersebut yang merupakan lahan pertanian. Pihaknya mengharapkan juga kepada pelaksana proyek agar bisa memperhatikan dampaknya seperti irigasi pertanian jangan sampai tersendat, karena pertanian ini sebagai andalan ketahanan pangan Nasional, juga merupakan tanggung jawab pihaknya.

Acara Musyawarah mediasi pembebasan lahan pertanian untuk pembangunan tebing pengaman KA maupun proyek Nasional tersebut dihadiri Muspika Tonjong, Dirjen Perhubungan PT KAI, Rekanan PT Mulya Agung Cirebon, Kades dan Ketua BPD Kutamendala serta puluhan warga dukuh Pekandangan. imam(r)
Share this article :