Mahasiswa KKN Tim II Undip Semarang Beri Pencerdasan Cara Antisipasi Kejahatan Siber - suara rakyat
Home » , , » Mahasiswa KKN Tim II Undip Semarang Beri Pencerdasan Cara Antisipasi Kejahatan Siber

Mahasiswa KKN Tim II Undip Semarang Beri Pencerdasan Cara Antisipasi Kejahatan Siber

Written By suararakyat on Tuesday, August 13, 2019 | 10:12 AM

Tegal,(suararakyattegal.com) Bertempat di Balai Desa Karanganyar, Kecamatan Pagerbarang, Kabupaten Tegal, mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro memberikan pencerdasan terkait Kejahatan Siber yang ada di sosial media yang menyasar pada Ibu-ibu PKK Desa Karanganyar. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk program monodisiplin yang dijalankan oleh Hari Agung Satya, mahasiswa Hubungan Internasional Undip.

Lanjut Satya, adanya kegiatan ini dilatarbelakangi dengan maraknya penyebaran berita berita yang tidak benar, yang sempat terjadi di Desa Karanganyar, Kabupaten Tegal, Senin (12/8) kemarin.

Kejahatan Siber saat ini merupakan salah satu jenis kejahatan yang terbilang cukup baru. Tindak kriminal ini menggunakan teknologi komputer atau internet sebagai alat kejahatan utama. Selain itu tak jarang jenis kejahatan ini melibatkan jaringan internasional hingga pada pencurian informasi-informasi pribadi lainnya.

Salah satu jenis kejahatan siber yang diangkat dalam acara ini adalah terkait pemberantasan hoax atau berita bohong. “Saat ini berita bohong atau hoax cukup marak, biasa disebar di grup whatsapp ataupun facebook ibu ibu sekalian, sehingga ibu-ibu harus lebih berhati-hati dalam menyebarkan pesan,” tukas Satya.

Selain pencerdasan mengenai kejahatan siber, Mahasiswa KKN Undip juga memberikan pendampingan terkait bersosial media yang bijak dan benar. Harapannya dengan adanya kegiatan ini, ibu-ibu bisa lebih berhati-hati dalam bersosial media dan ikut serta membentuk pola asuh anak yang bijak dalam bermedia. mam(r)
Share this article :