Akibat Sembarangan Buang Putung Rokok Lahan Seluas 1,5 Hektar Terbakar - suara rakyat
Home » , » Akibat Sembarangan Buang Putung Rokok Lahan Seluas 1,5 Hektar Terbakar

Akibat Sembarangan Buang Putung Rokok Lahan Seluas 1,5 Hektar Terbakar

Written By suararakyat on Tuesday, October 29, 2019 | 10:13 AM

Paguyangan,(suararakyattegal.com),- Insiden yang belakangan ini kerap terjadi, yaitu kebakaran yang diakibatkan oleh api puntung rokok yang masih menyala dibuang sembarang tempat oleh warga saat dimusim kemarau ini, kini kembali terjadi didukuh Sawangan desa Wanatirta kecamatan Paguyangan.

Senen 28-10-2019 sore kemarin sekitar pukul 16.00 WIB terjadi hal serupa. Namun dengan kesiagaan / kesigapan aparat kepolisian maupun TNI kobaran api berhasil dipadamkan, hal ini disampaikan Kapolsek Paguyangan Iptu Suroto SH usai memimpin kegiatan pemadaman kebakaran, Senin (28/10) kemarin.

Iptu Suroto mengatakan, kejadian kebakaran yang diduga berasal dari api puntung rokok telah membakar lahan seluas 1.5 Hektar milik tiga orang (Rohim, Mudakir dan Kamsah) warga Rt 11 Rw 02 dukuh Sawangan desa Wanatirta.

Dikatakan Suroto, dengan adanya laporan dari warga sekitar pukul 16. 00 WIB, pihaknya bersama jajarannya langsung menuju ke TKP untuk melakukan giat pemadaman yang dibantu masyarakat setempat, dan api berhasil dipadamkan sekitar pukul 19.30 WIB, katanya.

Sementara dari hasil keterangan warga setempat, terjadinya kebakaran diduga berasal dari api puntung rokok yang masih menyala yang dibuang di lahan pekarangan milik Rohim yang penuh dengan daun kering dibawah tunggakan pohon bambu, sehingga api membakar ranting atas pohon bambu. Ditambah dengan angin kencang, sehingga api cepat merambat ke pohon bambu lainnya di lahan pekarangan milik tetangganya. imam(r)
Share this article :