Desa Mandiri, Desa Mlayang Sirampog Brebes Bikin Sarana Irigasi Sepanjang 600 Meter - suara rakyat
Home » , » Desa Mandiri, Desa Mlayang Sirampog Brebes Bikin Sarana Irigasi Sepanjang 600 Meter

Desa Mandiri, Desa Mlayang Sirampog Brebes Bikin Sarana Irigasi Sepanjang 600 Meter

Written By suararakyat on Friday, October 25, 2019 | 8:33 PM

Sirampog,(suararakyattegal.com),- Pemerintah Desa (Pemdes) Mlayang kecamatan Sirampog kabupaten Brebes berhasil mewujudkan sarana irigasi sepanjang 600 Meter dengan menggerakan masyarakatnya melakukan kerjabakti secara swadaya dari sungai Keruh ke lahan pertanian mereka. Pasalnya, selama ini lahan pertanian seluas 120 Hektar lebih milik warga semuanya merupakan lahan pertanian tadah hujan yang sangat membutuhkan pengairan untuk dapat menggarap di musim kemarau.

Kades Mlayang Abdul Khafid (33) mengakui, saat ini lahan pertanian di desanya sudah berubah menjadi lahan pertanian yang normal. Semula lahan pertanian yang ada di desa Mlayang merupakan lahan pertanian tadah hujan yang bisa dinikmati satu kali hasil panen saja, terwujudnya sarana irigasi yang sampai kelahan pertanian warga.

Lanjut Khafid, pihaknya mengapresiasikan kepada petani yang antusias mengharapkan lahan pertanian milikinya bisa digarap secara normal dan menghasilkan 3 kali panen dalam satu tahunnya. Selain itu, pihaknya merasa terbantu dalam meringankan kinerjanya untuk menuntaskan program skala prioritas upaya meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran para petani, ujarnya.

Menurutnya, gagasan mewujudkan sarana irigasi tersebut merupakan pemikiran utama dirinya pada awal menjabat sebagai Kades, yang belum mendapatkan kucuran dana untuk melakukan kinerjanya, namun pihaknya optimis bahwa masyarakatnya bisa sepenuhnya membantu dan mendukung untuk bersama sama membangun pembangunan di desanya tanpa harus mengandalkan kucuran bantuan dana dari Pemerintah, pungkasnya. imam(r)
Share this article :