KeAkibat Buang Putung Rokok Sembarangan Puluhan Hektar Lahan Perhutani Kebakaran - suara rakyat
Home » , » KeAkibat Buang Putung Rokok Sembarangan Puluhan Hektar Lahan Perhutani Kebakaran

KeAkibat Buang Putung Rokok Sembarangan Puluhan Hektar Lahan Perhutani Kebakaran

Written By suararakyat on Tuesday, October 22, 2019 | 1:20 PM

Bantarkawung,(suararakyattegal.com),- Panjangnya musim kemarau tahun ini menjadi salah satu faktor kebakaran. Karena kekurang hati-hatian masyarakat yang membuang puntung rokok mupun membakar sampah secara sembarangan bisa menjadi penyebab terjadinya kebakaran. Demikian dikatakan Camat Bantarkawung Eko Supriyanto saat  ditemui diruang kerjanya Senin, (21/10) kemarin.

Eko mengatakan, pihaknya selalu memberikan arahan melalui aparat desa dan kelompok masyarakat untuk menekankan dan kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran di musim kemarau ini.

Lanjut Eko, pihaknya merasa prihatin terjadinya 2 lokasi kejadian kebakaran hari Kamis 17 Oktober 2019 kemarin, yang diduga akibat membuang puntung rokok di lahan pinus seluas 1 hektar milik Perhutani di Petak 45-A RPH Tambakserang BKPH Bantarkawung KPH Pekalongan barat, Gunung Payung Desa Legok Kec Bantarkawung Kabupaten Brebes.

Dan hal yang sana pada minggu siang 20/10 ,terjadi serupa akibat puntung rokok di Petak 61- L RPH Gunung Payung Desa Karangpari dan Desa Waru seluas seluas 5,5 hektar.

Menurutnya, kebakaran lahan hutan pinus tersebut dipicu adanya tumbuhan rumpun bambu dengan daun yang telah mengering,  sehingga hutan tersebut cepat terbakar dan hembusan angin kencang yang mengakibatkan  nyala api menjalar semakin luas. Namun laporan masyarakat yang cepat, kedua insiden kebakaran tersebut berhasil dipadamkan setelah api berkobar selama 3 -4 jam, oleh anggota TNI, Polri, Satpol PP, LMDH dan masyarakat setempat.

"masyarakat diminta agar tetap lebih waspada dimusim kemarau ini dan bisa menjaga hutan dari kebakaran" pungkasnya. imam(r)
Share this article :