Hari Wayang Nasional, Bupati Brebes Hadiri Pagelaran Pentas Sendratari dan Wayang - suara rakyat
Home » , , » Hari Wayang Nasional, Bupati Brebes Hadiri Pagelaran Pentas Sendratari dan Wayang

Hari Wayang Nasional, Bupati Brebes Hadiri Pagelaran Pentas Sendratari dan Wayang

Written By suararakyat on Friday, November 8, 2019 | 11:03 PM

Paguyangan, (suararakyattegal.com),- Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MHum merasa terkesan saat menghadiri pagelaran pentas sendratari dan wayang dalam rangka peringatan Hari Wayang Nasional 2019 yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Brebes yangbekerjasama dengan Pemerintahan Desa (Pemdes) Wanatirta, Kecamatan Paguyangan, di lapangan desa setempat Kamis malam (7/11) kemarin.

Pagelaran wayang dengan judul Gatot Koco Kembar Lima dan pentas sendratari yang berjudul Arum Kuncaraning Bangsa Dumunung Ing Budaya Wanatirta, menceritakan tentang Adat dan Budaya yang ada di Desa Wanatirta ini disutradarai Ki Dalang Suwarto, Narasi/naskah H. Muflikhin ST, Koreografi Elok Elsa dan Saraswati dengan hasil kolaborasinya membuat terpukau para tamu undangan maupun Bupati Brebes serta ratusan masyarakat setempat.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten Brebes Drs Diding Setiadi mengatakan, momentum Hari Wayang Nasional sesuai keputusan presiden nomor 30 tahun 2018 khususnya saat badan PBB UNESCO, tanggal 7 November 2017 menetapkan wayang ke dalam daftar representative budaya, katanya.

Dijelaskan Diding, penetapan tersebut menandakan bahwa yang menjadi aset berharga bukan hanya dalam seni pertunjukan tradisional namun lebih dari itu, melainkan wayang telah menumbuhkan dan menetapkan karakter dan jati diri bangsa sekaligus penetapan sebagai representasi budaya warisan manusia oleh UNESCO.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MHum mengapresiasi yang setinggi tingginya dengan suksesnya Pagelaran wayang spektakuler dan pentas sendratari dalam rangka Hari Wayang Nasional 2019 yang begitu meriah dan berkesan.

Lanjut Idza, seni budaya pewayangan tersebut harus bisa dipertahankan dan dilestarikan serta diwariskan ke generasi penerus, sehingga dengan adanya kelembagaan Persatuan Paguyuban Dalang Indonesia (Pepadi) yang telah terbentuk. Diharapkan mampu meningkatkan menginventarisir potensi dalang sekaligus kaderisasi dalang di Kabupaten Brebes, serta dapat melestarikan budaya wayang ini dan memperkenalkan pada generasi muda akan budaya bangsa ini, ujarnya

“Sekali lagi saya sangat bangga dan senang dengan kegiatan ini, sehingga bisa bersilaturahmi dengan masyarakat yang memiliki inovasi dan kreaktifitas dalam menyemarakan kembali kesenian tradisiomal da budaya kita", ujarnya

Acara tersebut dihadiri Bupati Brebes, Kepala Dinas kebudayaan dan pariwisata, perwakilan SKPD Brebes, Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Brebes, Muspika, Kades, Tomas, dan Ormas kepemudaan juga masyarakat se kecamatan Paguyangan. imam(r)
Share this article :