Tanah Longsor, Bupati Brebes Minta Supaya Segera Direlokasi - suara rakyat
Home » , , » Tanah Longsor, Bupati Brebes Minta Supaya Segera Direlokasi

Tanah Longsor, Bupati Brebes Minta Supaya Segera Direlokasi

Written By suararakyat on Monday, November 25, 2019 | 10:30 PM

Sirampog,(suararakyattegal.com),- Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MHum meninjau lokasi longsor di desa Kaliloka kecamatan Sirampog kabupaten Brebes Minggu (24/11) siang kemarin.

Insiden longsor akses penghubung desa Kaliloka - Plompong pada Sabtu malam lalu akibat hujan yang mengguyur telah mendapat penanganan sementara dari relawan BPBD, TNI/Polri dan masyarakat, dengan bergotong royong  kerja bakti membuat jalan darurat.

Idza Priyanti, dalam tinjauannya meminta untuk segera dilakukan relokasi mengingat kondisi lokasi longsor dengan kedalaman 15 meter itu dinilai sudah tidak layak di gunakan lagi. Relokasi tersebut merupakan penanganan untuk mempercepat kelancaran aktifitas masyarakat kedua desa tersebut, khususnya masyarakat desa Plompong yang membutuhkan akses penghubung dengan jarak tempuh terdekat, ujarnya.

Sementara Kepala desa (Kades) Kaliloka Nanang Hakim SH mengatakan, terkait relokasi membutuhkan lahan tanah milik warga seluas 30x3 Meter disebelah timur lokasi longsor, namum untuk pembebasan lahan tanahnya belum  ada deal dengan pemilik lahan, ujar Nanang saat meninjau lokasi lahan calon relokasi Senin (25/11).

Dijelaskan Nanang, sebelum ada  kunjungan Bupati ke lokasi, pemilik lahan memperbolehkan lahannya untuk digunakan relokasi. Namun mendengar info ada kunjungan Bupati ke lokasi, pemilik lahan berubah pikiran dengan minta ganti rugi, bahkan meminta dengan nilai tinggi. Sehingga terkait relokasi untuk kepentingan umum pihaknya akan bermusyawarah terlebih dahulu dengan Muspika dalam mengabil keputusan, agar segera ada kesepakatan bersama masalah relokasi tersebut. imam(r)
Share this article :