Home » , , » Ratusan Peserta Hadiri Seminar Kesehatan Anak Tentang Merawat Bayi Dimasa Nifas

Ratusan Peserta Hadiri Seminar Kesehatan Anak Tentang Merawat Bayi Dimasa Nifas

Written By suararakyat on Monday, December 16, 2019 | 3:50 PM

Bumiayu,(suararakyattegal.com),- Puluhan peserta terdiri bidan, perawat, kader Posyandu dan Puskesmas se Brebes bagian selatan mengikuti seminar kesehatan anak tentang cara merawat bayi dimasa nifas, yang digelar oleh Rumah Sakit Umum Muhammdiyah Siti Aminah (RSUMSA) Bumiayu, di Aula rumah sakit setempat Sabtu (14/12) kemarin.

Dirut RSUMSA Bumiayu dr. HM Chanifudin MH.Kes mengatakan, seminar yang digelar ini dalam rangka menekan angka kematian ibu dan anak (KIA) di kabupaten Brebes yang dinilai masih tinggi se Jawa Tengah. "Diharapkan para peserta bisa ikut serta membantu dalam pencegahan angka kematian tersebut", Ujar Chanifudin saat membuka acara seminar kemarin.

Sementara pembawa materi dr Rosidin Sp.AM.kes, Bagian Ilmu Kesehatan Anak RSUMSA Bumiayu menjelaskan,
wanita yang baru selesai melahirkan akan langsung memasuki masa nifas. Masa ini dimulai ketika wanita telah mengeluarkan plasenta dan berlanjut hingga beberapa minggu kemudian. Masa nifas pada umumnya berlangsung sampai enam minggu setelah melahirkan.

Dalam enam minggu tersebut, tubuh wanita akan mengalami perubahan, yaitu adaptasi dari masa kehamilan dan melahirkan, sampai berangsur-angsur kembali lagi ke keadaan seperti sebelum hamil.

Lanjut Rosidin, sebagian besar wanita tidak mengetahui proses pemulihan yang dialami tubuhnya selama masa nifas. Padahal, ini penting diketahui agar dapat melakukan perawatan yang tepat setelah melahirkan, imbuhnya.

Materi seminar yang disampaikan ini membuat banyak peserta mengajukan pertanyaan disesi dialog tentang ilmu merawat bayi dimasa nifas. Acara tersebut dihadiri Dirut RSUMSA, Jajaran medis RSUMSA Bumiayu, 120 peserta perwakilan bidan, perawat, tim Posyandu dan Puskesmas se Brebes bagian selatan. imam(r)
Share this article :