Home » , , » Ratusan Warga Tuntut Pembongkaran Underpas Lama Segera Dilakukan

Ratusan Warga Tuntut Pembongkaran Underpas Lama Segera Dilakukan

Written By suararakyat on Monday, December 23, 2019 | 6:00 PM

Bumiayu,(suararakyattegal.com),- Ratusan warga desa Adisana kecamatan Bumiayu kabupaten Brebes kembali menggelar aksi demo menuntut agar bangunan underpass kereta api yang dinilai sering menimbulkan kecelakakan untuk segera dibongkar.

Mereka menggelar aksinya di sekitar bangunan underpass, dengan membawa dan membentangkan spanduk bertulisan tuntutan pembongkaran underpass Minggu (22/12) kemarin.

Aksi damai yang dilakukan oleh masyarakat Desa Adisana dilatarbelakangi belum dilakukannya pembongkaran underpass lama yang mana masyarakat menganggap  keberadaan underpass lama yang sudah tidak digunakan sangat mengganggu mobilitas kendaraan yang melintas dari arah desa Adisana ke kota Bumiayu maupun sebaliknya.

Sejak dibangunnya jalur kereta api double track yang baru masyarakat Desa Adisana menuntut pembongkaran underpass lama yang posisinya sempit dan rendah yang mengganggu mobilitas masyarakat.

Sementara kondisi jalur double track yg baru sudah lebar dan tinggi, underepass lama yang sudah tidak terpakai posisinya bersebelahan dengan underpass yang baru dibangun.

Permasalahan tersebut sudah pernah dibahas dalam Kegiatan Sosialisasi Penanganan Underpass Kereta Api Desa Adisana di Aula kantor setempat pada tanggal 28 Oktober 2019 yang dihadiri oleh Muspika Kec. Bumiayu, perwakilan dari Dinas Perhubungan Kab Brebes, PT KAI. Dalam pertemuan telah disepakati bahwa rencana pembongkaran underpass lama akan dilaksanakan pada tahun 2020 sesuai dengan Program Anggaran PT. KAI TA 2020 akan tetapi masyarakat tetap menginginkan pembongkaran dilakukan secepatnya.

Aksi masyarakat yang mengatasnamakan Aliasi Pemuda Adisana (APA) melalui ketuanya Khoirul Faisal Ismail Menuntut Kepala Desa (Kades) Adisana Komar SPd. SAg agar segera melakukan percepatan pembongkaran dengan melakukan koordinasi yg lebih aktif dengan PT. KAI Daops 5 Purwokerto.

Sementara Ketua BPD Desa Adisana H Taufik Tohari SH mengapresiasi gerakan APA yang peduli dengan perkembangan lingkungan desa dan diminta masyasarakat Adisana harus mendukung langkah dari gerakan APA, tuturnya.

Aksi damai tersebut berlangsung kondusif dalam menyampaikan orasinya, dan membubarkan diri dengan tertib. imam(r)
Share this article :