Home » , » Akibat Diguyur Hujan Berkepanjangan Jalan Alternatif Pedukuhan Alami Amblas

Akibat Diguyur Hujan Berkepanjangan Jalan Alternatif Pedukuhan Alami Amblas

Written By suararakyat on Friday, January 24, 2020 | 8:20 PM

Foto (dok)
Sirampog,(suararakyattegal.com),- Kondisi jalan pedukuhan sepanjang 10 Meter lebih dan lebar 2 Meter tepatnya di dukuh Karang Dadap Rt 05/01 desa Kaliloka kecamatan Sirampog kabupaten Brebes mengalami amblas  dengan kedalaman 1 Meter. Hal itu akibat turun hujan deras pada hari Kamis malam (23/1).

Menurut keterangan Aro (51), salah satu warga setempat menjelaskan, kondisi badan jalan tersebut sebenarnya sudah lama mengalami retak retak dengan posisi bangunan talud penahannya sudah miring. Dan diduga tidak kuat menahan badan jalan disertai turun hujan deras,  sehingga sekitar pukul 23.00 WIB  mengalami amblas, jelasnya.

Kepala desa (Kades) Kaliloka Nanang Hakim SH membenarkan jalan antar pedukuhannya mengalami amblas yang dipicu akibat hujan deras yang berkepanjangan. Sebagian kondisi wilayahnya tergolong struktur tanah yang masih labil dan rawan bencana tanah bergerak, jelasnya.

"Kejadian ini akan saya laporkan ke Pemda melalui camat Sirampog terkait kerusakan dan amblasnya jalan tersebut", tandas Nanang.

Dari kejadian tersebut akan dilakukan perbaikan atau penanganan sementara agar aktifitas warga tetap berjalan lancar. Kami akan segera  mengerahkan warga untuk pengurugan tanah yang tetak, karena jalan tersebut merupakan milik desa akan disiati perbaikannya dengan menggunakan anggaran yang dimilik Pemdes.

" Ya segera kita upayakan dan tangani, karena  itu masuk bencana alam, agar aktifitas masyarakat tetap berjalan lancar." tutur Nanang. imam(r)
Share this article :