Home » , » Desa Kalijurang Kabupaten Brebes Siap Laksanakan Program PTSL

Desa Kalijurang Kabupaten Brebes Siap Laksanakan Program PTSL

Written By suararakyat on Tuesday, January 14, 2020 | 9:21 PM

Tonjong,(suararakyattegal.com),- Pemerintah desa (Pemdes) Kalijurang kecamatan Tonjong kabupaten Brebes ditahun 2020 ini siap melaksanakan dan membuka pendaftaran sertifikat tanah melalui Program Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) bagi warganya. Dan tahun ini Pemdes mendapat kuota maupun ditargetkan sebanyak 2000 bidang tanah, hal ini dikatakan Kepala desa setempat H Edi Riyanto saat Sosialisasi PTSL yang dilakukan oleh Tim BPN Brebes, Senin (13/1) kemarin.

"Mulai sekarang dipersilahkan kepada  warga yang status tanahnya belum memiliki sertifikat agar bisa mendaftarkan di kantor desa, karena Pemdes Kalijurang akan melaksanakan program PTSL yang mendapat targetnya 2000 bidang tanah," ujar Edi.

Menurutnya, program PTSL merupakan program Nasional yang dilaksanakan Pemdes untuk memfasilitasi warga untuk menyertifikatkan tanah miliknya. Pembuatan sertifikat tanah melalui program PTSL ini akan dilaksanakan oleh panitia dengan anggaran per sertifikat Rp 150 ribu sesuai ketentuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes. Dengan harapan program PTSL ini dapat dimanfaatkan warga dengan baik, sehingga target 2000 dapat tercapai.

Sementara H Wantoro SH, selaku tim sosialisasi dari BPN Brebes, program PTSL di Kalijurang merupakan usulan dari Kades beberapa waktu lalu. Sesuai pengajuan sebanyak 2000 bidang dan akan dilaksanakan secepatnya, ditarget selesai pada September 2020 mendatang.

Lanjut Wantoro, program PTSL juga dilaksanakan di semua desa di Kabupaten Brebes yang tahun 2020 ini kabupaten Brebes ditarget sebanyak 68.500 sertifikat. Program PTSL merupakan bagian dari program pemerintah pusat yang mencanangkan tahun 2025 mendatang semua tanah sudah bersertifikat. imam(r)
Share this article :