Diguyur Hujan Deras, Dua Rumah Warga Terancam Longsor - suara rakyat
Home » , » Diguyur Hujan Deras, Dua Rumah Warga Terancam Longsor

Diguyur Hujan Deras, Dua Rumah Warga Terancam Longsor

Written By suararakyat on Saturday, January 11, 2020 | 10:44 AM

Tonjong, (suararakyattegal.com),- Dua rumah milik warga yang berada diatas tebing terancam longsor, pasalnya tanah tebing setinggi 30 Meter panjang 20 Meter dengan lebar sekitar 2 Meter lebih mengalami longsor, akibat hujan deras yang mengguyur selama 3 jam, Jumat sore (10/1) kemarin.

Salah seorang saksi mata Tandi (48) warga Tonjong timur Rt 04/01 menjelaskan, turunnya hujan deras sejak pukul 14.30 - 17.30 WIB itu membuat tanah tebing yang berpenduduk puluhan rumah warga, mengalami longsor saat hujan berhenti sekitar pukul 17.30 WIB dengan menyisakan tanah beberapa meter  saja dari samping rumah mereka kelokasi longsor/bibir tebing. Adapun dua rumah warga yang terancam diantaranya rumah milik Saridin (50), didukuh Tonjong Timur Rt 04/01 dan Sudaryo (65) di dukuh Tonjong Kabut Rt 03/03.

Kepala desa (Kades) Tonjong Samsudin membenarkan ada dua rumah  milik warganya yang berada diatas tebing, kini kondisinya terancam manakala terjadi susulan longsor dan pihaknya  merasa prihatin dengan kondisi tersebut, karena intensitas turun hujan masih berlangsung dibulan ini.

Lanjut Samsudin, untuk memberikan  penanganan keselamatan kedua keluarga yang rumahnya terancam, sementara diungsikan ketempat yang aman sambil menunggu kondisi aman, dan kejadian tersebut pihaknya akan melaporkan ke Bupati Brebes melalui Camat Tonjong, ujarnya.

Sementara Danramil Tonjong Kapten Inf Suwardi mendengar laporan adanya rumah milik warga terancam, pihaknya langsung mengerahkan anggotanya untuk menuju ke lokasi bencana untuk dapat menangani secara darurat.

Suwardi berharap kepada masyarakat bila turun hujan dengan intensitas yang cukup deras dan lama supaya berhati-hati dan waspada. Dan bagi warga yang rumahnya terancam agar berjaga jaga bila ada longsor susulan bila hujan masih deras agar sementara tetap mengungsi ke tempat yg lebih aman, imbau Suwardi. imam(r)
Share this article :