PUDAM Tirta Baribis Kab Brebes Penuhi Kebutuhan Air Bersih - suara rakyat
Home » , » PUDAM Tirta Baribis Kab Brebes Penuhi Kebutuhan Air Bersih

PUDAM Tirta Baribis Kab Brebes Penuhi Kebutuhan Air Bersih

Written By suararakyat on Thursday, February 27, 2020 | 5:39 PM

Brebes,(suararakyattegal.com),-  Kebutuhan pelanggan akan air bersih bagi warga di beberapa desa tiga wilayah kecamatan Sirampog, Bumiayu dan Tonjong kini terpenuhi, pasalnya pelaksanaan pekerjaan pembangunan proyek Tuk Uleng tahap 1 dan 2 telah selesai. Dan proyek akan dilanjut ketahap berikutnya hingga tahun 2021 agar dapat memenuhi semua kebutuhan pelanggan di 6 wilayah kecamatan di kabupaten Brebes bagian selatan.

Hal ini disampaikan Dirut Agus Isyono, SE PUDAM Tirta Baribis kabupaten  Brebes melalui Kabag Humas, H Muflikhin ST diruang kerjanya Rabu (26/2).

Dikatakan Muflikhin, proyek pembangunan Tuk Uleng yang merupakan rangkaian pekerjaan Sistem penyediaan air minum (SPAM)  IKK Bumiayu, dan sebagai penanggungjawab Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana dengan kapasitas 200 liter/detik.

Dari pekerjaan Tuk Uleng tahap 1 dan 2 tersebut sudah bisa dimanfaatkan dan akan dilanjutkan pekerjaan proyek pada tahap III dengan pendistribusian bagi ribuan pelanggan.

"Sumber mata air Tuk Uleng dengan debit 200 liter per detik tersebut nantinya mampu mensuplai 16 ribu pelanggan di wilayah selatan tanpa ada sistem giliran" ujarnya.

Lanjut Muflikhin, dari pekerjaan Uleng 1 dan 2 sudah bisa dimanfaatkan oleh warga desa Kalijurang, Galuh timur, kecamaya Tonjong dan desa Benda kecamatan Sirampog serta penambahan suplay dibeberapa desa kecamatan Bumiayu, (Dukuhturi, Bumiayu, Kalierang, Laren, Jatisawit, Kaliwadas dan Pruwatan).

Adapun untuk pekaksanaan proyek tuk uleng tahap 3 sebagai penanggungjawab pekerjaan oleh Balai Perencanaan Perlengkapan Permukiman Wilayah (BPPW) direncanakan pembangunannya dilakukan dua buah Recervoir dengan kapasitas 1000 M3 yang akan dipasang di dukuh Bayur desa Dukuhturi dan Laren. Disamping itu juga akan di pasang pipa distribusi dengan diameter 350 inchi menuju desa Pruwatan dan Kalisumur.

"Untuk tahap pembangunan pengembangan dilanjutkan di tahap ke 4 pada tahun 2021 yg direncanakan untuk kebutuhan masyarakat wilayah kecamatan Bantarkawung dan Tonjong, pungkasnya"imam(r)
Share this article :