Home » , » Kecamatan Sirampog Brebes Angka Kematian Ibu dan Bayi Nol

Kecamatan Sirampog Brebes Angka Kematian Ibu dan Bayi Nol

Written By suararakyat on Tuesday, February 25, 2020 | 6:38 PM

Sirampog,(suarakyattegal.com),- Problema yang sedang dihadapi di kabupaten Brebes saat ini adalah  Angka Kematian Ibu/Bayi (AKI/AKB) dan stunting yang masih tinggi serta ketersediaan jamban untuk buang air besar belum maksimal terpenuhi. Walaupun AKI wilayah Kec Sirampog tahun 2019 hingga akhir bulan ini nol, hal ini sampaikan Kepala Puskesmas Sirampog Ns Supardi SKM MKes saat memaparkan kegiatan pendampingan peningkatan strata desa siaga di Aula kantor desa Manggis Senin (23/2).

Kepala Puskesmas Sirampog Ns Supardi SKM MKes mengatakan, pentingnya kegiatan ini digelar dengan tujuan mewujudkan masyarakat desa yang sehat, serta peduli dan tanggap terhadap permasalahan kesehatan di desanya.

Dikatakan Supardi, dengan melihat kondisi tersebut, pihaknya berharap semua elemen masyarakat tidak boleh lengah, pasalnya Puskesmas tidak bisa bekerja sendiri tanpa peran serta aparat desa, kader kesehatan tokoh masyarakat dan tokoh agama

Menurutnya sasaran pengembangan desa siaga adalah untuk mempermudah strategi intervensi, baik untuk individu, keluarga dan masyarakat. Dan harapkan mampu melaksanakan hidup sehat, serta peduli maupun tanggap terhadap permasalahan kesehatan di wilayah desanya.

Hal senada disampaikan nara sumber,  Khalimi Alfarizi dari Forum Masyarakat Madani kabupaten Brebes, untuk menuju masyarakat sejahtera tidak hanya dibidang kesehatan saja tetapi juga bidang pendidikan dan ekonomi. Dirinya berharap agar Pemdes memanfaatkan Dana Desa (DD) sebagai sumber satu satunya yang bisa kita andalkan dan dialokasikan untuk  pemberdayaan masyarakat.

"Untuk mengubah desa siaga lebih cepat menjadi desa siaga mandiri bila desa tersebut telah ada berbagai Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM).

Angka kematian Ibu dan angka kematian bayi (AKI dan AKB) di kecamatan Sirampog kabupaten Brebes hingga saat ini masih menunjukkan 0 ", ungkap Khalimi.

Acara kegiatan pendampingan peningkatan strata desa siaga tersebut dihadiri Forum Masyarakat Madani Kabupaten Brebes, Kepala Puskesmas Kec Sirampog, Kepala desa, aparat desa, kader kesehatan, tokoh masyarakat beserta bidan desa.imam(r)
Share this article :