Home » , » Menjaga Adat dan Budaya, Pelantikan Kades Memakai Baju Adat Brebesan

Menjaga Adat dan Budaya, Pelantikan Kades Memakai Baju Adat Brebesan

Written By suararakyat on Friday, February 21, 2020 | 1:21 AM

Paguyangan,(suararakyattegal.com),- Serah Terima Jabatan Kepala desa Kedungoleng, dilakukan dengan menggunakan pakaian adat Brebesan diiringi musik gamelan karawitan di Aula kantor desa setempat Kamis (19/2).

Kasie Pemerintahan kecamatan Paguyangan Drs Sutarko mengapresiasikan panitia kegiatan tersebut, pasalnya kegiatan dilakukan dengan menggunakan busana adat Brebesan yang saat ini diterapkan oleh Bupati Brebes untuk mengenalkan budaya kabupaten Brebes kepada masyarakatnya. Dan dengan menampilkan seni musik Gending Jawa seakan akan acara ini dilaksanakan secara adat dan sakral.

Dikatakan Sutarto, acara serah terima ini sesuai aturan yang ada, Kades terpilih yang telah dilantik pada 17 Februari lalu untuk segera melaksanakan kinerjanya di desa, sehingga dilakukan serah terima jabatan dari Pj Kades kepada Kades definitif.

Kegiatan serah terima jabatan Kades dari Pj Kades Seger PRS SE ke Kades definif Tasir SPd dengan berbusana adat tersebut, dan diharapkan agar dapat dibudayakan sebagai tradisi adat masyarakat kabupaten Brebes, ujarnya.

Kades Kedungoleng definitif masa jabatan 2020-2026 Tasir SPd mengatakan, pihaknya siap membangun perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekaligus memajukan budaya seni tradisi yang dimiliki agar tetap dilestarikan sebagai warisan penerus bangsa.

Menurut Tasir, seni budaya yang dimiliki masyarakat Kedungoleng seperti wayang dan musik karawitan/gending jawa, para pemainnya sudah mengalami rata rata berusia lanjut, oleh karena itu dalam melaksanakan kinerja sebagai Kades akan berupaya melakukan pengkaderan dari generasi muda. Juga sebagai pelaksanaan pembangunan pemberdayaan masyarakat, ucapnya.

Serah terima jabatan Kades disaksikan Muspika, jajaran BPD/LPM, Pemdes, TP PKK, Babinsa,Babinkamtibmas, Ketua Rt/Rw, Linmas, Tomas, Toga, Pemuda se desa setempat. Yang dilanjut acara  pembentukan tim RPJM Des 2020 - 2026. imam(r)
Share this article :