Pemkab Brebes Dukung Kinerja Multi Pelayanan di Puskesmas Winduaji - suara rakyat
Home » , » Pemkab Brebes Dukung Kinerja Multi Pelayanan di Puskesmas Winduaji

Pemkab Brebes Dukung Kinerja Multi Pelayanan di Puskesmas Winduaji

Written By suararakyat on Thursday, February 27, 2020 | 5:52 PM

Paguyangan,(suararakyattegal.com),- Muspika Paguyangan kabupaten Brebes dan instansi/dinas ber  komitmen bersama lintas sektor dalam mendukung peningkatan kinerja dan multi pelayanan di Puskesmas Winduaji. Dan diwujudkan dengan penandatangan bersama pada acara Lokakarya Mini Lintas Sektor Kesehatan yang digelar Puskesmas Winduaji di Aula  kecamatan Paguyangan Kamis (27/2).

Kepala Puskesmas Winduaji dr Heri Agung menyampaikan, membangun kesehatan, dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat bukanlah tanggung jawab sepenuhnya dilimpahkan kepada instansi kesehatan saja, puskesmas atau rumah sakit, tapi tanggung jawab bersama secara kolektif semua elemen bangsa, baik yang memiliki keterkaitan langsung maupun tidak. Karena kesehatan memiliki relasi dan dampak besar pada semua sektor, seperti ekonomi, pendidikan, sosial dan sebagainya.  "Semua hal tidak akan berjalan jika pelaku atau lakon (manusia) tidak fit atau sehat".

Menurutnya, masalah kesehatan di negeri ini begitu kompleks, baik dari sistem penerapannya maupun dari pola hidup masyarakat itu sendiri, namun memang unsur gaya hidup masyarakat inilah yang sangat serius disoroti.

Camat Paguyang Eko Purwanto SP MSi mengatakan, pihaknya mendukung sepenuhnya kegiatan ini terkait program kesehatan diantaranya Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) berdasarkan Inpres Nomor 1 Tahun 2017, yang merupakan upaya promotif bidang kesehatan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang sejalan dengan pencapaian visi pembangunan Kabupaten Brebes, yaitu mewujudkan masyarakat Kabupaten Brebes yang sehat, cerdas dan sejahtera. Juga sejalan dengan unggulan program bidang kesehatan di Kabupaten Brebes.

Sementara Danramil 11/Pgy Kapten Arh Suryadi S.H mengatakan, lokakarya Mini Lintas sektor Puskesmas Winduaji adalah salah satu ruang membangun komitmen yang bertujuan untuk menggali permasalahan bidang kesehatan dan yang terkait di wilayah kerja Puskesmas winduaji serta untuk mencari solusi dan juga mengkomunikasikan program-program dan kegiatan yang sedang dan akan dilaksanakan oleh Puskesmas Winduaji maupun dari lintas sektor, khususnya di bidang kesehatan atau yang berkaitan.

"Program jambanisasi, TNI melalui Satkowil (Koramil) berupaya dalam rangka mewujudkan lingkungan yang sehat dan nyaman sekaligus mendukung Program ODF/Stop BABS yang dicanangkan Pemerintah", tuturnya.

Pihaknya berharap adanya kerja sama semua pihak atau lintas sektor sangat diperlukan sehingga program-program Pemerintah dalam bidang kesehatan dapat terwujud, karena muaranya untuk peningkatan kualitas kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, pungkas Kapten Suryadi.

Kegiatan Lokakarya tersebut dihadiri
Muspika, Kades, Kepala Puskesmas Winduaji beserta jajarannya, Bidan Desa, Kader PKK Kecamatan dan tokoh Masyarakat Paguyangan. imam(r)
Share this article :