Home » , , » APD Seadanya, Puskesmas Buaran Bantarkawung Brebes Selalu Siaga Tanggulangi Covid-19

APD Seadanya, Puskesmas Buaran Bantarkawung Brebes Selalu Siaga Tanggulangi Covid-19

Written By suararakyat on Monday, March 30, 2020 | 4:55 PM

Bantarkawung,(suararakyattegal.com),- Cegah virus covid-19 Petugas Puskesmas Buaran kecamatan Bantarkawung kabuputen Brebes melakukan pemeriksaan kesehatan dan penyemprotan disinfektan terhadap sejumlah 679 Pemudik dari Jakarta yang baru tiba di Posko covid 19 Buaran kabupaten Brebes Minggu dini hari (29/3).

Kepala Puskesmas Buaran Sri Mulyani SST MM mengatakan, sejumlah 679 pemudik ini dilakukan pemeriksaan kesehatannya sebagai upaya pencegahan penyebaran penularan virus corona dikampung halaman masing masing. Pasalnya dikhawatirkan mereka bisa juga membawa virus yang akan menularkan ke sanak saudara maupun pada warga lainnya.

Dikatakan Mulyani, jajaran Puskesmas Buaran yang dibantu oleh instansi terkait dalam menghadapi kedatangan pemudik, siap siaga untuk memberikan pelayanan kesehatan agar kondisi pemudik dan keluarganya bisa terhindar dari virus corona disaat berkumpul. Kondisi mereka semua setelah dilakukan pengecekan kesehatan dan penyemprotan oleh petugas dinyatakan aman dan sehat.

Pihaknya mengakui, dalam melakukan pengecekan kesehatan para pemudik dengan memberikan pelayanan kesehatan, hanya menggunakan alat pengamanan diri (APD) seadanya karena keterbatasan pengadaan stok APD yang dimiliki, namun dapat menangani mereka secara intensif.

Jajaran Puskesmas yang dibantu instansi terkait siap sebagai barisan garda terdepan dalam penanganan dan pencegahan penyebaran virus corona, tandas Mulyani.

"Dengan keterbatasan APD tidak menyurutkan langkah untuk memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat", ujarnya.

Kami tetap siaga monitoring ke lapangan tanpa hari libur, dan memberikan pelayanan maupun pencegahan penyebaran virus di masyarakat dengan melakukan pengukuran suhu menggunakan termometer gun, juga memberikan edukasi dan himbauan kepada pemudik maupun masyarakat dengan harapan kondisi masyarakat tetap tenang, aman dan terketuk hatinya untuk patuh mengikuti anjuran Pemerintah, serta selalu menjaga kesehatan dengan berprilaku hidup bersih dan sehat sehingga tidak ada yang terindikasi penularan virus corona, harap Mulyani.

Mulyani menambahkan, mulai hari ini ratusan pendatang dan pemudik akan terus berdatangan, maka mereka harus tetap diperiksa atau melewati screning karena kedatangan pemudik dalam rombongan jumlah besar dimalam/dini hari otomatis stamina mereka tidak vit sehingga memudahkan penularan. Namun jangan khawatir petugas diposko siap siaga untuk stanbay memberikan penanganan yang maksimal, pungkasnya.

Dalam penanganan kedatangan para pemudik diposko covid 19 Buaran terlihat Muspika Bantarkawung dan petugas kesehatan. imam(r)
Share this article :